Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerja sama dengan harian Kompas akan menyelenggarakan kompetisi Monas Half Marathon, untuk semakin memperkenalkan LPS kepada masyarakat pada Minggu (2/7).
 
Sejauh ini, panitia pelaksana menyebut bahwa mereka sudah menerima 7.000 pendaftar yang akan berpartisipasi di ajang bertema "Restart for change" tersebut. Selain para peserta dari dalam negeri, panitia pelaksana menyebut bahwa lomba lari tersebut diikuti 80 Warga Negara Asing.
 
"Antusiasme pelari dalam menyambut LPS Monas Half Marathon sangat tinggi. Total jumlah peserta mencapai 7.000-an orang yang berasal dari berbagai komunitas lari, yang akan berlomba pada Run The City pada 1 Juli dan LPS Monas Half Marathon pada 1 Juli," kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Jumat.
 
Sementara itu, Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, menilai kompetisi half marathon yang akan berlangsung pada akhir pekan itu menawarkan keunikan tersendiri karena jalur larinya akan melewati sejumlah tempat ikonik di Jakarta.
 
"Dengan berpartisipasi dalam event ini, peserta dari berbagai latar belakang dapat menikmati keindahan dan keragaman Kota Jakarta. Program "Break The Limit" juga menjadi daya tarik baru dengan hadiah uang tunai total Rp 100 juta untuk atlet, dan kesempatan mengikuti salah satu World Marathon Majors bagi non atlet," tutur Sutta.
 
Kesiapan seluruh pihak untuk mewujudkan lomba lari itu, mendapat dukungan dari PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang memberi supervisi, pengawasan, dan sertifikasi terhadap berbagai persiapan kompetisi.
 
"Rute LPS Monas Half Marathon telah disertifikasi oleh AIMS (Association of International Marathons and Distance Races). Sertifikasi ini memastikan bahwa rute lari telah memenuhi standar internasional, termasuk akurasi pengukuran jarak dan aturan perlombaan yang tepat," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung.
 
Pada Jumat siang, lokasi pengambilan "race pack" yang berada di Sarinah, Jakarta Pusat, dipenuhi oleh calon peserta.
 
Untuk ajang Run The City akan berlangsung pada Sabtu (1/7) di Hutan Kota GBK, yang akan dimulai pada pukul 05.30 WIB dan dijadwalkan berakhir pada pukul 08.00 WIB.
 
Sedangkan balapan utama, yakni half marathon, akan berlangsung pada Minggu (2/7), dimulai pada pukul 04.30 WIB dan berakhir pada pukul 09.00 WIB. Start half marathon dilakukan di kawasan Monumen Nasional, dan akan finis di Istora Senayan.

Baca juga: Jakarta gelar LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023