Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir (26 Juni 2023 – 2 Juli 2023), mulai dari pemulihan hak korban pelanggaran HAM berat masa sampai pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik yang menjadi sorotan dan menarik untuk kembali dibaca.


1. Jokowi resmikan program penyelesaian pelanggaran HAM berat di Aceh

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian non-yudisial pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di Indonesia yang dimulai dari Aceh, Selasa, dalam upaya pemulihan hak para korban.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pada siang hari ini, secara resmi saya luncurkan program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian non-yudisial pelanggaran HAM berat di Indonesia," kata Jokowi di Kabupaten Pidie, Aceh, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


2. Para eksil ceritakan tak bisa kembali ke Tanah Air karena tragedi 1965

Para eksil korban pelanggaran HAM berat menceritakan bagaimana tragedi 1965 membuat mereka tak bisa kembali ke Tanah Air saat menjadi mahasiswa di luar negeri.

Salah seorang eksil, Suryo Hartono, menceritakan kisahnya tersebut di depan Presiden Joko Widodo dan tamu undangan lainnya pada acara peluncuran program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian non-yudisial pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat di Rumoh Geudong, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Selengkapnya baca di sini.


3. KPU tak permasalahkan sosialisasi bacapres sebelum resmi mendaftar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak mempermasalahkan adanya sejumlah tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon presiden yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena mereka belum resmi mendaftarkan diri sebagai bacapres.

"Yang namanya bakal calon presiden, capres, itu belum ada, pendaftarannya masih Oktober 2023. Jadi, orang-orang ini bukan siapa-siapa bagi KPU. Ya belum siapa-siapa, bagaimana kami mau mengatur," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan usai melantik 220 anggota KPU kabupaten/kota di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.


4. Pertemuan Anies-Ganjar di Makkah bawa momen kesejukan

Pertemuan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di jamuan makan siang undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Makkah, Kamis (29/6), membawa momen kesejukan, ujar penceramah Islam Yusuf Mansur.

"Yang jelas saya senang, pertemuan ini begitu damai, kontestasi cinta, saling beradu narasi, gagasan, visi misi ke depannya," ujar Yusuf Mansur saat ditemui di Makkah.

Selengkapnya baca di sini.


5. Jokowi bertemu dengan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Senin sore di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Ya, saya dipanggil Presiden, menghadap Presiden," kata Prabowo saat tiba di lingkungan istana kepresidenan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023