Sebagai perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa, juga perlu meningkatkan jumlah mahasiswa maupun pengajar internasional guna mewujudkan world class university.
Padang (ANTARA) - Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat  Dr. Eng. Muhammad Makky memaparkan sejumlah langkah dan upaya yang harus dilakukan perguruan tinggi tersebut untuk mewujudkan world class university atau kampus kelas dunia.

"Universitas Andalas bertekad untuk menyelenggarakan Tridarma yang berkualitas dan berkarakter serta bereputasi internasional agar mampu bersaing secara global," kata Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Sumatera Barat Dr. Eng. Muhammad Makky di Padang, Minggu.

Muhammad Makky mengatakan untuk menjadi kampus kelas dunia yang unggul, Unand harus meningkatkan reputasi akademik, reputasi pekerjaan, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi.

Sebagai perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa, juga perlu meningkatkan jumlah mahasiswa maupun pengajar internasional guna mewujudkan world class university.

Kemudian Unand juga harus meningkatkan jumlah sitasi publikasi internasional bereputasi, jumlah kepemilikan kekayaan intelektual, menambah rasio dosen terhadap mahasiswa hingga meningkatkan pendapatan universitas khususnya dari aktivitas kerja sama maupun riset dengan dunia usaha dan dunia industri.
Baca juga: Unand libatkan mahasiswa asing tanam 1.000 pohon di Sungai Batanghari
Baca juga: Unand datangkan mahasiswa Kamboja dan Vietnam untuk wujudkan WCU


"Hal tersebut untuk mencapai peringkat 500 dunia dalam waktu lima hingga 10 tahun ke depannya," harap dia.

Sementara itu, Guru Besar dari Universitas Putera Malaysia (UPM) Prof. Muhammad Safwan Bin Salib menyakini perguruan tinggi yang diresmikan Wakil Presiden Mohammad Hatta pada 23 Desember 1955 tersebut bakal mencapai world class university.

Optimisme tersebut dikarenakan Unand sebagai salah satu universitas terkemuka yang ada di Indonesia, memiliki lingkungan yang hijau, kuantitas dan kualitas mahasiswa maupun dosen serta staf akademik yang dimiliki

Selain itu, Prof Muhammad Safwan menilai dosen-dosen di Unand juga bersemangat melakukan penelitian, hingga terlibat dalam banyak kegiatan yang membantu mempromosikan kampus di tataran internasional.

"Mereka mengatur konferensi internasional dan menerbitkan di majalah peringkat teratas, serta bersedia berkolaborasi dengan peneliti dari luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Wujudkan "world class university", Unand perbanyak lulusan luar negeri
Baca juga: Rektor Unand: Sri Dato' Rais Yatim putra Minang sukses di Malaysia

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023