Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Paralimpiade Indonesia (NPC) Indonesia Senny Marbun mengatakan tengah menyiapkan 50 atlet untuk menghadapi Asian Para Games IV/2022 di Hangzhou, China pada 22-28 Oktober.

"Kami sedang susun lagi, tetapi paling tidak ada 50 atlet yang kami persiapkan untuk Asian Para Games Hangzhou. Mereka akan turun di 12 cabang olahraga, seperti para-atletik, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, dan lainnya," ujar Senny disela acara Temu Para Juara di halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin.

Meskipun demikian, Senny tidak secara gamblang menyebutkan target karena persaingan di pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia tersebut cukup berat.

"Bisa mendapat sembilan medali emas saja sudah bagus sekali. Saya tidak patok target karena pesaing di Asia itu berat. Ada Jepang, Korea Selatan, Mesir, dan banyak lagi pesaing berat lainnya," ujarnya menambahkan.

Meski begitu, NPC Indonesia akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik dan para-bulu tangkis dinilai menjadi cabang olahraga yang dapat diandalkan untuk meraih medali.

Baca juga: Para-bulu tangkis Indonesia bawa pulang empat emas dari Kanada

Saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games III/2018, skuad Merah Putih berhasil menempati peringkat kelima pada klasemen akhir perolehan medali dengan 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Posisi pertama ditempati China dengan 172 emas, 88 perak, dan 59 perunggu. Lalu Korea Selatan di urutan kedua dengan 54 emas, 44 perak, dan 46 perunggu. Iran di posisi ketiga setelah mengemas 51 emas, 43 perak, dan 42 perunggu serta Jepang di posisi berikutnya dengan 45 emas, 70 perak, dan 83 perunggu.

NPC Indonesia pun akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait jumlah atlet yang akan diberangkatkan untuk bersaing di Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab disapa Dito Ariotedjo mengatakan tim review akan bekerja untuk melihat peluang Indonesia di Hangzhou.

"Masih dalam tahap review. Kontingen Asian Para Games dan juga kontingen Asian Games dalam tahap penggodokan finalisasi. Kami akan melihat mana saja cabang olahraga dan atlet yang akan kami siapkan dan berangkatkan," kata Dito.

Baca juga: Jokowi minta atlet ASEAN Para Games investasikan bonus dari pemerintah
Baca juga: Para-tenis meja proyeksikan 19 atlet ke Asian Para Games 2023 Hangzhou

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023