Jakarta (ANTARA) - Lomba lari Run for Independence Day (RFID) kembali hadir pada tahun ini untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Panitia Penyelenggara RFID 2023 sekaligus Founder M3KOM Group Patricia Meilyn mengatakan ajang ini akan bergulir di Plaza Utara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 13 Agustus.

“Pada 2023 ini ajang Run for Independence Day kembali digelar menyusul kebijakan kegiatan luar ruangan yang telah dilonggarkan di Indonesia pada masa endemi. Edisi keempat gelaran RFID tahun ini mengangkat tema persatuan dalam semangat sportivitas," kata Meilyn melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Olahraga lari, lanjut Meilyn, telah menjadi gaya hidup masyarakat urban dan telah menyatukan banyak orang karena kesamaan hobi, tidak peduli agama atau pun pandangan politik. Tema persatuan yang diangkat tidak hanya berlaku untuk para peserta tapi juga diharapkan menyebar ke seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga: Heru berharap LPS Monas Half Marathon jadi acara berkelanjutan DKI

Persatuan, lanjut Meilyn, juga telah mengantarkan bangsa Indonesia mampu melewati masa-masa kritis saat pandemi COVID-19 dan bangkit dari keterpurukan. Oleh karena itu, para pelari, stakeholder, dan masyarakat umum diharapkan dapat bersatu demi kebangkitan dan pemulihan ekonomi Indonesia.

“Semangat yang ingin kami tingkatkan dari penyelenggaraan ini adalah bagaimana agar mampu keluar dari krisis dan perekonomian pulih kembali,” ujar Meilyn.

Pada gelaran RFID 2023 ini para pelari akan memulai langkah dari Plaza Utara, Gelora Bung Karno hingga garis finis dengan menempuh jarak 7,8 kilometer. Peserta dibagi menjadi dua kategori berdasarkan usia yakni Public (usia 17 tahun hingga 50 tahun) dan Master (berusia 50 tahun ke atas).

Panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai untuk para pemenang. Untuk kategori Public, juara putra dan putri mendapatkan hadiah Rp2 juta. Posisi kedua dan ketiga masing-masing Rp1,5 juta dan Rp1 juta. Hadiah serupa juga berlaku untuk kategori master.

Peserta bisa mendaftar melalui laman resmi runforindependence.id atau mengunjungi Instagram @rfid_runforindependenceday. Sekadar informasi, ​​​RFID diselenggarakan rutin untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sejak 2019.

Baca juga: Lari marathon 42K digelar peringati hari jadi Yogyakarta ke-267

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023