Jakarta (ANTARA) -
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengajak seluruh pustakawan memimpin Indonesia menjadi negara produsen dan bisa memproduksi barang serta jasa dari hasil membaca.

Pernyataan ini disampaikan Syarif dalam acara Sarasehan Kepustakawanan memperingati Hari Pustakawan Nasional dan 50 Tahun Ikatan Pustakawan Indonesia, Jumat.

“Saya berharap pustakawan Indonesia ke depan bicara tentang bagaimana mengubah persepsi dan cara pandang 278 juta penduduk Indonesia, bahwa kita membutuhkan level pengetahuan yang sampai pada kemampuan memproduksi barang dan jasa,” kata Syarif pada acara yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kaperpusnas: Budaya membaca penting tingkatkan pembangunan nasional

Syarif pun melontarkan pertanyaan kritis kepada para pustakawan, yang kini menghadapi tantangan baru era digital, di mana kecerdasan buatan sudah mulai menguasai dunia.

“Kini kita sudah memasuki masa kecerdasan buatan, yang mana cukup dengan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, maka kecerdasan buatan bisa mencari dan melacak kita ke mana pun, pertanyaannya, sudah adakah pustakawan kita yang bisa mencapai pada level tersebut, atau setidaknya mengikuti perkembangannya?” ujar dia.
 
Untuk itu, ia menekankan pentingnya pustakawan memimpin perubahan di Indonesia dan mendorong literasi di Tanah Air supaya bisa tampil sebagai negara produsen.
 
“Kita selama ini dihakimi oleh dunia sebagai bangsa yang hanya pandai membaca, tetapi tidak bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Pustakawan harus mampu hadir menepis hal tersebut," kata dia.

Baca juga: Kaperpusnas: Tugas perpustakaan bukan sebatas koleksi buku

"Pustakawan harus mampu menangkap makna literasi dari Perpusnas, yakni mampu mencapai kedalaman pengetahuan yang diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas tinggi untuk memproduksi barang dan jasa berkualitas, sehingga dapat dipakai untuk memenangi persaingan global,” katanya.

Ia mencontohkan salah satu hasil riset dari buku The Intelligence of Nations yang diterbitkan tahun 2019 karya psikolog Inggris Richard Lynn dan David Becker, di mana Jepang dicatat sebagai salah satu negara di Asia, yang mendapat peringkat satu di dunia dengan jumlah penduduk terpintar, karena berhasil mengekspor barang teknologi tinggi hasil riset.

“Jepang mendapatkan predikat tersebut dari hasil riset dan membaca. Indonesia kalau dibilang baca buku, ya memang baca buku, tetapi sampai mana kedalaman membaca tersebut bisa menghasilkan barang atau jasa? Sampai saat ini Indonesia tidak bisa menghasilkan ponsel sendiri, sumber daya kita masih diekspor keluar tetapi tidak diproduksi di negara sendiri,” ucap dia.

Baca juga: Kepala Perpusnas: Literasi harus dorong Indonesia jadi negara produsen
 
Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh pustakawan agar bisa menjawab tantangan global ini, dengan menjadikan perpustakaan sebagai ruang untuk menghasilkan inovasi, serta mampu bergerak dinamis, tumbuh sejalan dengan perkembangan umat manusia.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023