"Silahkan warga Kazakhstan berlibur ke Maratua, kami akan senang hati menyambutnya,"
Samarinda (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menawarkan sejumlah potensi investasi bisnis, pariwisata daerah hingga keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat melakukan kunjungan kerja ke Negara Kazakthan.

Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya wisata laut di Kabupaten Berau tepatnya di Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki dan Maratua pada Kegiatan Summer Festival Expo di Kota Astana Kazakhstan.

Sejumlah wisata laut tersebut menyuguhkan pemandangan taman laut yang eksotis, sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang telah berkunjung di lokasi wisata tersebut.

"Silahkan warga Kazakhstan berlibur ke Maratua, kami akan senang hati menyambutnya," kata Wagub Hadi Mulyadi dalam keterangan di terima di Samarinda, Jumat.

Selain promosi pariwisata,,Wagub Kaltim Hadi Mulyadi juga turut mempromosikan keberadaan Ibu Kota Negara baru di Indonesia yakni IKN yang lokasinya berada di Penajam Paser Utara, Kaltim kepada sejumlah warga Kazakthan.

Kegiatan Summer Festival Expo di Kota Astana Kazakhstan dirangkai dengan acara trade and investmen forum the province of East Kalimantan di Wisma Kedubes RI di Astana yang dibuka oleh Dubes RI Dr Fajroel Rachman.

Dubes RI Dr Fajroel Rachman mengatakan pihak Kedubes Kazakhstan akan melakukan kunjungan balasan menuju Kaltim pada Agustus 2023 mendatang.

"Kedubes Kazakhstan akan membawa para pengusaha yang berminat untuk melakukan kerjasama dan hubungan dagang ke Kaltim, sekaligus kunjungan ke lokasi IKN," ujar fajroel Rahman.

Setelah mengikuti sejumlah kegiatan di Kota Astana, pada Jumat 7 Juli 2023, rombongan wagub Kaltim melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Almaty Kazakhtan dalam agenda yang sama yaknk untuk promosi wisata, investasi dan keberadaan IKN.
Baca juga: Dispar Kaltim: Pengembangan parekraf songsong IKN dilakukan perlahan
Baca juga: DPRD Kaltim mendorong pengembangan objek wisata Sungai Mahakam
Baca juga: Kalimantan Timur susun paket wisata IKN

Pewarta: Arumanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023