Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato berhasil mengatasi rintangan babak pertama ganda putri Wimbledon, Jumat waktu setempat.

Aldila/Kato berhasil merebut kemenangan babak pertama, yang sempat tertunda dikarena hujan yang mengguyur area All England Club beberapa hari lalu, dengan dua set langsung 6-4, 6-4 atas petenis Italia Lucia Bronzetti/Viktoriya Tomova dari Bulgaria.

"Transisi dari tanah liat ke rumput tidak pernah mudah. Saya bersyukur atas kesempatan untuk terus tampil, dan terus memberikan yang terbaik," ujar Aldila dalam unggahan pada media sosialnya, Sabtu.

Ini merupakan kali kedua Aldila tampil di Wimbledon. Menariknya, pada Grand Slam lapangan rumput tahun ini, Aldila/Kato menempati unggulan ke-13.

Aldila/Kato sejatinya mengawali Grand Slam tahun ini dengan pencapaian untuk menduduki tempat di unggulan. Mereka pertama kalinya masuk dalam jajaran unggulan, yakni ke-16, pada Australian Open.

Langkah mereka di Grand Slam pembuka musim tersebut terhenti di tangan unggulan kedua ganda Amerika Coco Gauff/Jessica Pegula pada babak ketiga atau 16 besar.

Aldila/Kato kembali ke turnamen major di French Open dengan menempati posisi unggulan ke-16. Namun, langkah keduanya terhenti di babak ketiga setelah drama ball girl yang mempertanyakan sportivitas lawan mereka Marie Bouzkova/Sara Sorribes Tormo.

Meski begitu, Aldila mencatatkan pencapaian lainnya di Grand Slam lapangan tanah liat tersebut. Petenis berusia 28 tahun itu untuk pertama kalinya turun di ganda campuran turnamen major berpasangan dengan petenis Belanda Matwe Middelkoop.

Aldila/Middlekoop bahkan berhasil melaju hingga semifinal. Namun, mimpi Aldila untuk mengamankan tempat di final kandas setelah kalah dari partnernya di sektor ganda putri Kato yang berpasangan dengan petenis Jerman Tim Putz.

Aldila kembali berpasangan dengan Middelkoop di ganda campuran Wimbledon. Mereka akan berhadapan dengan petenis Ceko Barbora Strycova/Santiago Gonzalez dari Meksiko pada babak pertama yang akan berlangsung hari ini.

Aldila/Kato juga akan meneruskan perjuangan mereka di ganda putri dengan melawan duet Jerman Kimberley Zimmermann/Yana Sizikova pada babak kedua malam ini WIB.

Baca juga: Aldila Sutjiadi gagal capai final ganda campuran French Open
Baca juga: Aldila Sutjiadi melaju ke semifinal ganda campuran French Open
Baca juga: Aldila/Kato didiskualifikasi dari French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023