Akan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan buat para musisi tersebut
Jakarta (ANTARA) - GoPlay, platform Over-The-Top (OTT) yang ada di bawah naungan GoTo, menghadirkan inovasi anyar untuk industri hiburan, terkhusus para musisi lokal, dengan menghadirkan Play Everywhere sebagai pintu untuk selangkah lebih dekat menuju "go global".

Tidak seperti layanan live streaming pada umumnya, Play Everywhere dapat menghadirkan penampilan musisi secara langsung dan berkomunikasi dua arah dengan pendengarnya yang berada di tempat yang berbeda secara real-time.

“Misalnya, musisi di Makassar paling hanya nyanyi di kafe-kafe di Makassar. Dengan Play Everywhere, kami membuka opportunity sehingga mereka bisa nyanyi dan manggung di all over Indonesia, bahkan all over the world. Jadi ini seperti pintu doraemon bagi musisi dan semua performer Indonesia bahkan pendakwah, untuk mendapat audiance live secara global” kata CEO GoPlay Edy Sulistyo dalam siaran persnya, Minggu.

Baca juga: GoPlay hadirkan fitur "Live Games"

Play Everywhere memungkinkan musisi untuk tampil di lebih dari satu acara di tempat yang berbeda dalam satu waktu.

Menurut Edy ketika lebih banyak jam terbang dimiliki oleh musisi maka berarti mereka lebih banyak memiliki kesempatan mendapatkan penghasilan yang stabil.

“Akan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan buat para musisi tersebut. Dapat uang lebih banyak karena mereka dapat dari multiple kafe barengan,” imbuhnya.

Layanan Play Everywhere sudah dicoba di Kedai Kopikalyan, Tokyo, Jepang, pada akhir Juni 2023 dengan menghadirkan empat musisi yang selama ini aktif perform di GoPlay.

Didapatkan hasil bahwa penonton bisa lebih leluasa dalam menikmati penampilan musik langsung.

Menurutnya, pada saat tampil hanya secara langsung permintaan lagu dari penonton hanya terbatas pada lima hingga delapan lagu.

Baca juga: GoPlay hadirkan inovasi baru untuk "live streaming"

Namun ketika penampilan langsung itu dibarengi dengan Play Everywhere, jumlah permintaan lagu dari penonton baik yang langsung dan daring saat ditotal mencapai 30 lagu.

“Kami lihat secara profil the younger generation itu prefer untuk request lagu lewat chatting daripada ngomong. Kami memang meng-address ini supaya penonton lebih terlibat dan stay longer,” ujarnya.

Lebih lanjut, Play Everywhere nantinya tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh musisi tapi juga para konten kreator lainnya yang mengadakan acara secara langsung sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens.

"Content creator itu cukup luas, bisa juga pesulap, stand up comedian. Karena kuncinya kita bisa melihat suasana di venue dan bisa melakukan komunikasi dua arah,” tutup Edy.

Baca juga: Awkarin ajak anak muda sadari kesehatan mental lewat program GoPlay

Baca juga: "Cerita Kejar Mimpi Movie" padukan film dan "talkshow" interaktif

Baca juga: GoPlay dorong pertumbuhan ekonomi kreator konten lokal

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023