Kami bersyukur bisa mempertahankan juara umum pada Jumbara kali ini. Anak anak mampu tampil terbaik mengikuti semua kegiatan
Gorontalo (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo berhasil meraih juara umum pada Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Nasional ke-IX yang berlangsung di Provinsi Lampung.

"Alhamdulillah kami berhasil meraih juara Umum pada Jumbara Nasional ke IX. Pengumuman kejuaraan disampaikan pada acara penutupan," kata Kepala Markas PMI Gorontalo Yahya Ibrahim, di Lampung, Minggu.

Perolehan prestasi ini membuat PMI Gorontalo meraih hattrick atau juara umum tiga tahun berturut-turut. Sebelumnya pada tahun 2011 saat menjadi tuan rumah, tahun 2016 saat digelar di Sulawesi Selatan, dan tahun 2023 di Lampung.

"Kami bersyukur bisa mempertahankan juara umum pada Jumbara kali ini. Anak anak mampu tampil terbaik mengikuti semua kegiatan," kata Yahya.

Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR

PMR Gorontalo meraih juara 1 pada kategori remaja tangguh, juara 1 anjangsana materi narkoba, juara 1 bidang gembira lari karung, dan juara 3 Jumbara Got Talent.

Dukungan materiil menjadi penting untuk bisa mengurus kontingen ke Lampung. "Sebelum berangkat ke sini, Pak Ketua PMI Gorontalo beberapa kali audiensi dengan Pak Gubernur. Beliau menyampaikan dukungan, bahkan melepas kami menuju Lampung. Ini dukungan nyata selain dukungan materiil yang diberikan," kata Yahya.

PMI Gorontalo mengutus 60 orang, terdiri dari 12 PMR Mula, 12 PMR Madya dan 13 PMR Wira. Sisanya ketua kontingen dan official.

Baca juga: Sekjen PMI: Jumbara sebagai ajang menumbuhkembangkan jiwa kesukarelaan

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023