Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 367 haji BTH-10 asal Kabupaten Bengkalis, Riau yang berangkat pada 29 Mei 2023 menuju Arab Saudi telah kembali ke Tanah Air pada Minggu (9/7) malam.

"Terima kasih kepada petugas TPHI, TPIH, TKHI, Petugas Haji Daerah dan petugas relawan muda yang sudah memberikan layanan kepada JH selama di Madinah dan Mekkah, membantu JH lansia, alhamdulillah mereka telah selamat sampai ke Tanah Air," kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan JH BTH-10 asal Bengkalis ini berjumlah 373 orang saat berangkat namun saat pulang berkurang menjadi 367 orang karena terdapat tiga orang meninggal di Mekkah dan 3 orang sakit dirawat di beberapa rumah sakit di Arab Saudi.

"Atas nama Panitia PPIH debarkasi haji Antara, kami mengucapkan duka cita yang dalam atas JH meninggal dan JH yang sakit. Kita doakan semoga kembali sembuh dan bisa kembali ke kampung halamannya masing-masing," katanya.

Ketua kloter BTH-10 H. Zul Azmi melaporkan terdapat 3 peserta haji meninggal dunia atas nama Emod bin Hasan Narkiwan (64), Muriadi Bin Adan Hasan (68) dan Nasrun Harun Bin Harun Muharam (75).

Zul Azmi juga melaporkan jamaah yang sakit sekarang ini masih tinggal di Arab Saudi yakni Sogimin bin Bomin Karto Sumitro di RS Saudi German Hospital Mekkah, Khaidir Bin Lasahim di RMRC Mekkah dan Ramlan bin Ahmad Sontel di RS. Al Noor Mekkah, jadi total jamaah haji BTh-10 yang kembali hanya sebanyak 367 orang.

Hingga Kloter BTH-10 kembali ke Riau, tercatat sudah 2.588 peserta haji Provinsi Riau yang kembali ke Tanah Air. Sementara jamaah yang meninggal berjumlah 17 orang di Arab Saudi dan 1 orang di Batam. ***3***

Baca juga: Satu haji asal Majalengka terpisah dari rombongan
Baca juga: PPIH sebut 2.212 peserta haji Aceh masih berada di Arab Saudi
Baca juga: Sebanyak 299 haji asal Samarinda tiba di Balikpapan

Pewarta: Frislidia
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023