Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan kepada Direktur Eksekutif Piala Dunia FIBA 2023 David Crocker bahwa pemerintah Republik Indonesia berkomitmen dalam penyelenggaraan kejuaraan bola basket tingkat global yang akan diselenggarakan 45 hari lagi.

"Saya ingin berterima kasih (pada David Crocker) telah datang ke acara ini. Dan kami akan berkomitmen dengan Piala Dunia FIBA. Jadi, santai," kata Menpora Dito di acara konferensi pers Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Selasa.

Piala Dunia FIBA 2023 merupakan kejuaraan bola basket antar negara di seluruh dunia yang akan diselenggarakan di tiga negara Asia, yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia juga berkesempatan untuk menggelar ajang olahraga bertaraf global yakni Piala Dunia FIFA U-20 dan ANOC World Beach Games, namun kedua kompetisi olahraga tingkat dunia tersebut batal diselenggarakan di Tanah Air.

Baca juga: Tiket Piala Dunia FIBA bisa dipesan hari ini, termurah Rp100 ribu

Piala Dunia Sepakbola U-20 dibatalkan oleh FIFA sendiri karena menyangkut kondisi terkini di Indonesia yang dinilai tidak kondusif untuk menyelenggarakan ajang olahraga itu.

Sedangkan ANOC World Beach Games yang sedianya diselenggarakan di Bali pada Agustus mendatang dibatalkan oleh pemerintah Indonesia sendiri. Indonesia menarik diri sebagai penyelenggara World Beach Games tersebut dikarenakan masalah anggaran untuk ajang olahraga tersebut.

Menpora Dito menyampaikan bahwa kesuksesan pelaksanaan Piala Dunia FIBA bukan kesuksesan satu atau dua pihak, melainkan kebanggaan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Oleh karena itu Menpora mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi untuk memeriahkan kompetisi bola basket kelas dunia yang akan digelar pada 25 Agustus hingga 3 September 2023 mendatang.

"Oleh karena itu saya ajak semua pihak baik masyarakat umum, masyarakat olahraga, pecinta bola basket Tanah Air mari sukseskan FIBA World Cup 2023. Mari penuhi stadion kebanggaan kita, ajak teman, kawan, kerabat untuk menyaksikan pertandingan basket kelas wahid," kata Menpora Dito.

Baca juga: Cinta Laura jadi duta Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023