Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia mendukung upaya untuk memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi negara-negara berkembang pulau kecil (Small Island Developing States/SIDS).

Dalam High-Level Political Forum on Sustainable Development 2023 di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Selasa (11/7) waktu setempat, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ivanovich Agusta mendorong masyarakat global untuk memudahkan negara berkembang pulau kecil mengakses pembiayaan untuk pembangunan berkelanjutan.

"SIDS terus menghadapi tantangan yang signifikan dalam memperkuat resiliensi terhadap guncangan, di antaranya sumber daya keuangan yang terbatas, dan kerentanan terhadap guncangan ekonomi eksternal," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, ia menyampaikan, masyarakat global mesti mendukung SIDS guna mengakses dan memobilisasi pembiayaan untuk pembangunan berkelanjutan.

"Ini mencakup pembiayaan lunak serta memfasilitasi kemitraan publik-swasta untuk investasi di sektor-sektor utama," katanya.

Selain itu, dia menyampaikan perlunya pelaksanaan program peningkatan kapasitas dan inisiatif berbagi pengetahuan guna memberdayakan SIDS, salah satunya dalam membangun ketahanan terhadap bencana alam.

Ivanovich mengemukakan bahwa konferensi tingkat tinggi (KTT) tentang tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) pada September 2023 dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan solidaritas dan kerja sama global guna mendukung SIDS.

"KTT kelak harus berkontribusi untuk menetapkan agenda Konferensi Internasional 2024 tentang SIDS untuk mengidentifikasi area prioritas dan tantangan yang muncul, serta berfokus pada masalah SIDS yang paling mendesak," katanya.

Dalam pertemuan PBB yang dihadiri delegasi dari 196 negara, Ivanovich juga menyampaikan bahwa KTT SDGs harus memfasilitasi kemitraan untuk mendukung pembangunan SIDS yang berkelanjutan dengan menghadirkan partisipasi beragam pemangku kepentingan, baik pemerintah, organisasi internasional, masyarakat sipil, maupun sektor swasta.

"Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan SIDS dan komunitas internasional untuk memajukan agenda pembangunan kita," kata Ivanovich.

Negara berkembang pulau kecil mencakup pulau-pulau di Laut Karibia serta Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023