Kendari (ANTARA) - Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menurunkan 200 personel untuk membersihkan sampah di tiga lokasi di wilayah Bumi Anoa.

Komandan Satuan Brimob Polda Sultra Kombes Pol Sugianto Marweki melalui Kabag Ops AKP Asri Diyni di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan arahan langsung dari Kapolri untuk membersihkan sampah serentak bersama Polri.

"Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Polda dan jajaran," kata Asri.

Baca juga: Brimob Polda Sultra bersama TNI bagi sembako ke warga Kendari

Ia menyampaikan bahwa tiga lokasi yang menjadi sasaran Satuan Brimob Polda Sultra, yakni Pasar Baruga, Terminal Baruga Kota Kendari, dan Pasar Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan.

“Masalah sampah yang belum teratasi dengan baik di sekitar Baruga dan Ranomeeto menjadi perhatian utama dalam kegiatan itu," ujarny.

Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tim Satuan Brimob Polda Sultra dilengkapi dengan peralatan pembersih, seperti sapu, sekop, dan truk sampah.

Personel yang diturunkan dalam kegiatan tersebut, lanjut Asri, sebanyak 200 orang yang dibagi di tiga lokasi berbeda, yakni Pasar Baruga yang dipimpin oleh Wadanden Gegana AKP Made Edy, Terminal Baruga dipimpin Oleh Danki 2 Batalyon A Pelopor AKP Basri, dan Jalan Utama menuju Bandara Haluoleo Kendari yang dipimpin Kabag Ops Sat Brimobda Sultra AKP Asri Diyni.

Baca juga: Pegiat lingkungan pungut sampah plastik di DAS Peusangan Aceh Tengah

Baca juga: Aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung kumpulkan 1,35 ton sampah


“Selain membersihkan sampah, tim juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan bahaya dari pembuangan sampah sembarangan. Harapannya, dengan adanya penyuluhan ini kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan akan meningkat," ucapnya.

Dia menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dengan melakukan aksi bersih sampah serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Aksi bersih sampah juga sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari sampah pada tahun 2025. Melalui keterlibatan personel Brimob dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan target tersebut dapat tercapai," ucapnya.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023