harapannya makin banyak tenaga kerja dan perusahaan lokal yang dilibatkan
Balikpapan (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengharapkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa memberdayakan potensi tenaga kerja dan perusahaan lokal yang ada di Kaltim

"Kami bersyukur Kaltim terpilih sebagai IKN. Alhamdulillah pembangunannya terus berjalan. Harapannya makin banyak tenaga kerja dan perusahaan lokal yang dilibatkan," kata Wagub Hadi Mulyadi pada dialog di Mapolda Kaltim Balikpapan, Jumat.

Menurut Wagub Pemerintah Provinsi Kaltim terus mendorong program peningkatan kualitas sumber daya manusia lokal, dengan melaksanakan berbagai macam program pelatihan ketrampilan.

Ia berharap para peserta pelatihan yang telah tersertifikasi oleh Dinas Tenaga Kerja, bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di program pembangunan IKN tersebut.

Kegiatan dialog tersebut turut dihadiri Pangdam IV/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Komisaris Utama Waskita (BUMN) Heru Winarko dan jajaran Otorita IKN.

Baca juga: Bina Konstruksi PUPR: Sertifikasi tenaga kerja IKN capai 2.739 orang
Baca juga: Nakertrans Penajam diminta miliki data pekerja agar diakomodir IKN


Sementara itu, Kapolda Kaltim Imam Sugianto menegaskan bahwa pertemuan Forkopimda di Kaltim ini sangat penting dalam rangka mendukung hajat besar bangsa, yakni pemindahan Ibu Kota Negara di IKN

"Karena itu kita ingin pembangunan IKN berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan target Pemerintah Pusat," katanya.

Beberapa masalah yang berpotensi terjadi, kata Kapolda antara lain terkait pengerjaan teknis di lapangan dan masalah lingkungan hidup dengan terjadinya pencemaran dan kerusakan hutan mangrove.

Menurut Kapolda pengangkutan batu dan pasir dari Palu perlu ekstra hati-hati karena melewati kawasan yang harus dilindungi. Hal senada diutarakan Pangdam Tri Budi Utomo.

Baca juga: Pembangunan ibu kota negara Indonesia baru serap 6.700 tenaga kerja
Baca juga: BNSP sertifikasi tenaga kerja konstruksi IKN tingkatkan daya saing


Sementara itu, Komisaris Utama Waskita Heru Winarko di kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya tahun ini mengerjakan 7 proyek besar di IKN, meliputi pembangunan infrastruktur jalan lingkar Sepaku, tol IKN-Balikpapan, Sekretariat Presiden, instalasi air, hunian ASN dan lain-lain.

Terungkap pula jika investornya siap maka di IKN segera dibangun hotel dan mal untuk mendukung kepindahan ASN dan TNI/Polri tahun 2024.

Mengenai Naker dan perusahaan lokal ikut membangun IKN, pihak Waskita ujar Heru menyambut baik dan siap merealisasikannya sesuai ketentuan yang ada.

"Kami siap melibatkan tenaga dan perusahaan di daerah dalam rangka pihak mengawal dan menyukseskan pembangunan IKN," jelasnya.

Baca juga: BNSP sertifikasi tenaga kerja konstruksi IKN tingkatkan daya saing
Baca juga: Wamenaker: IKN ciptakan banyak kesempatan kerja
Baca juga: Kemnaker sediakan anjungan serap tenaga kerja lokal pembangunan IKN

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023