Pada pukul 07.15 GMT, rubel menguat 0,4 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 90,15, sebelumnya mencapai titik terkuatnya sejak 14 Juli
Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia menguat ke posisi tertinggi lebih dari satu minggu terhadap dolar pada awal perdagangan Selasa, didorong oleh harga minyak yang tinggi dan periode pajak akhir bulan mendatang yang membuat eksportir mengubah pendapatan mata uang asing menjadi rubel.

Pada pukul 07.15 GMT, rubel menguat 0,4 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 90,15, sebelumnya mencapai titik terkuatnya sejak 14 Juli.

Rubel juga telah menguat 0,6 persen untuk diperdagangkan pada 99,87 versus euro dan melemah 0,2 persen terhadap yuan yang lebih kuat menjadi diperdagangkan pada 12,60.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 82,97 dolar AS per barel. Brent mencapai titik terkuatnya dalam lebih dari tiga bulan di sesi sebelumnya.

Baca juga: Rubel Rusia menguat, menjauh dari 91 terhadap dolar

Baca juga: Rubel Rusia melemah jelang kenaikan suku bunga oleh bank sentral


Tekanan pada rubel, yang merosot ke level terendah lebih dari 15 bulan pada awal Juli, telah meningkat sejak pemberontakan bersenjata yang gagal oleh kelompok tentara bayaran Wagner pada akhir Juni. Serangan drone di Rusia, yang Moskow tuduhkan pada Ukraina, juga mengurangi selera risiko.

Kenaikan suku bunga 100 basis poin yang lebih besar dari perkiraan minggu lalu oleh Bank Sentral Rusia menjadi 8,5 persen memiliki dampak langsung yang terbatas pada mata uang Rusia, tetapi suku bunga yang lebih tinggi seharusnya memberi rubel beberapa dukungan karena membuat investasi dalam aset Rusia lebih menarik.

Bank sentral dengan tajam menaikkan biaya pinjaman, mengatakan rubel yang lemah menambah tekanan inflasi dari pasar tenaga kerja yang ketat dan permintaan konsumen yang kuat.

Indeks saham Rusia lebih tinggi. Indeks RTS berdenominasi dolar terangkat 0,9 persen menjadi diperdagangkan pada 1.032,0 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel menguat 0,5 persen menjadi diperdagangkan pada 2.951,1 poin.

Baca juga: Rubel Rusia naik karena fokus beralih ke kenaikan suku bunga

Baca juga: Rubel jatuh karena harga minyak turun setelah ledakan Jembatan Krimea

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023