Jakarta (ANTARA) - Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino menilai Reece James mempunyai kualitas untuk menjadi kapten klub setelah ditinggal pergi kapten tim utama sebelumnya, Cesar Azpilicueta yang hengkang ke Atletico Madrid.

“Dia adalah salah satu kemungkinan. Kami berbicara sejak hari pertama tentang tujuannya dan bagaimana dia dalam beberapa tahun terakhir di klub,” kata Pochettino, dilansir laman resmi klub, Rabu.

James adalah produk akademi Chelsea yang telah bergabung sejak usia enam tahun. Pemain tim nasional Inggris itu lalu berkembang pada tim kelompok usia sebelum kemudian mencatatkan debut di tim utama pada September 2019 saat melawan Grimsby Town pada ajang Piala Liga yang berakhir dengan kemenangan 7-1 untuk timnya.

Baca juga: Pochettino bakal umumkan kapten Chelsea bulan depan

Sejak debut pada tim utama klub, September 2019, James hingga kini telah tampil 147 penampilan pada semua ajang dengan mengemas 11 gol dan 20 asssits, serta tiga piala yaitu Liga Champions 2020/2021, Piala Super Eropa 2021, dan Piala Dunia Antar Klub 2022.

“Dia datang dari akademi. Dia adalah salah satu profil, salah satu pemain yang bisa menjadi kapten klub saat ini dan di masa depan,” ucap Pochettino.

Pada musim lalu, James mengalami musim yang buruk karena hanya tampil 24 kali pada semua ajang dengan melesatkan dua gol dan dua assists serta tidak tampil setelah April karena cedera hamstring.

Baca juga: Pochettino lihat banyak hal positif usai timnya menang atas Brighton

Kini, bek kanan 23 tahun itu telah kembali berlatih dan berpotensi tampil pada laga pramusim melawan Newcastle United di Marcedes-Benz Stadium, Atlanta, Amerika Serikat pada 27 Juli pukul 07.15 WIB.

“Ya, tentu saja bagus untuk mendapatkannya kembali. Dia adalah pemain yang sangat penting bagi kami dan senang memiliki pemain seperti dia kembali. Semoga besok dia bisa bermain,” ujar mantan pelatih Tottenham Hotspur itu.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023