PR ke depannya adalah bagaimana kelompok tani bisa diwadahi
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak petani untuk menaikkan nilai tambah pendapatannya dengan cara ikut serta dalam kegiatan koperasi karena banyak mendapat manfaat dan keuntungan.

"Dengan diwadahi oleh koperasi, maka keuntungan dari hilir uang dapat berbalik ke petani. Sebaliknya untuk koperasi konsumen, juga dapat membeli langsung ke produsen, sehingga manfaatnya dapat mereka nikmati dengan harga yang lebih kompetitif," kata Emil saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Koperasi ke-76 Provinsi Jawa Timur 2023 di di Alun-alun Kabupaten Jember, Kamis (27/7).

Menurutnya sepertiga dari masyarakat Jawa Timur bekerja sebagai petani dan cara untuk menambah pendapatan petani yakni tidak boleh berhenti pada fase panen saja.

"Jangan berhenti di panen, diolah, dijual ke pasar yang lebih baik, diangkut dengan lebih baik. Pada semua aktivitas hulu hilir ada keterlibatan langsung mereka dengan koperasi," tuturnya.

Baca juga: Wagub Jatim: Entaskan kemiskinan dengan tumbuhkan koperasi
Baca juga: Kontribusi UMKM terhadap kinerja ekonomi Jatim mencapai 58,36 persen


Menurutnya seseorang yang mengabdi di koperasi baik bekerja maupun sebagai anggota mendapatkan perlindungan yang tidak berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain, sehingga hal itu membuktikan tidak perlu takut berkarir di koperasi karena mendapatkan fasilitas yang selayaknya bekerja di perusahaan manapun.

"PR ke depannya adalah bagaimana kelompok tani bisa diwadahi, kemudian usaha hilirnya, seperti petani di Tuban. Mereka mendapatkan income dari panen sampai dijual, semua dinikmati sendiri oleh petani," katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, terdapat beberapa evaluasi untuk memaksimalkan koperasi sebagai salah satu cara mengentaskan kemiskinan di Jatim karena masih terdapat kendala yang ditemukan pada koperasi, salah satunya yakni masih banyak masyarakat yang ingin mengelola usaha secara individu.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur Andromeda Qomariah mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk mendukung terlaksananya Hari Koperasi ke-76 Provinsi Jawa Timur dan mensinergikan antara pusat dan daerah.

"Selain itu menggelorakan semangat bangga berkoperasi Indonesia maju sesuai dengan tema Hari Koperasi tahun ini, serta mempercepat pelaksanaan gerakan nasional bangga buatan Indonesia," katanya.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan Jember siap untuk melayani dan berkolaborasi dengan koperasi seluruh Jawa Timur tidak hanya pada sektor pembiayaan, namun koperasi dapat bergerak di sektor riil, pariwisata, UMKM, dan produk pertanian.

“Saya berharap di Jember bersama-sama dilakukan kerja sama antar-daerah untuk bisa bersinergi melakukan kolaborasi yang fokus di riil, sehingga bukan hanya anggota yang mendapatkan manfaat tapi juga masyarakat," katanya.

Baca juga: Dinas Koperasi Magetan terbitkan sertifikat untuk produk UMKM
Baca juga: Gubernur Khofifah raih penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM
Baca juga: Khofifah maknai Hari Koperasi momentum pemulihan ekonomi berkelanjutan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023