Jakarta (ANTARA) - Salah satu pemain asing Prawira Harum Bandung Brandone Francis akan membela negaranya Republik Dominika untuk berkompetisi dalam Piala Dunia FIBA 2023 yang akan diselenggarakan pada 25 Agustus hingga 10 September mendatang.

Mengutip laman resmi IBL di Jakarta, Selasa, nama Brandone Francis tertera dalam daftar pemain Republik Dominika yang dirilis oleh FIBA untuk perhelatan Piala Dunia FIBA 2023.

Brandone Francis yang sukses membawa Prawira Harum Bandung juara IBL 2023, akan bermain dengan beberapa bintang NBA di tim nasionalnya.

Republik Dominika saat ini menempati peringkat ke-23 dalam FIBA World Rangking Men. Andres Feliz dan Eloy Vargas memainkan semua 12 pertandingan di Kualifikasi Amerika dengan Angel Delgado, kapten tim Victor Liz, Rigoberto Mendoza dan Gelvis Solano yang tampil dalam 10 pertandingan.

Baca juga: Prawira, juara yang dinanti
Baca juga: Reza Guntara terpilih sebagai MVP Final IBL 2023


Guard NBA Chris Duarte bersinar dalam dua pertandingannya di kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023, Jean Montero menunjukkan kualitasnya meski baru berusia 20 tahun, ditambah dengan Gerardo Suero yang menjadi pelengkap.

Sementara pemain IBL dari Prawira Harum Bandung Brandone Prancis memiliki catatan rata-rata poin per gim (ppg) tertinggi dengaan 24,2 ppg di musim reguler IBL 2023. Francis juga mampu mencetak 6,8 rebound, 2,9 assist, dan 1,3 steal per gim. Francis juga diberikan penghargaan sebagai Best Foreign Player IBL 2023.

Francis juga sudah pernah bergabung dengan Timnas Republik Dominika saat berusia 16 tahun untuk timnas junior pada tahun 2011. Brandone Francis pindah ke Texas pada tahun 2016 setelah menjalani tahun rookie di University of Florida. Dia menonjol di sekolah menengahnya di Jacksonville, Florida, dan dianggap sebagai salah satu dari 35 prospek terbaik tahun 2014.

Sebenarya Republik Dominika memiliki dua pemain NBA yaitu Karl-Anthony Towns bintang Minnesota Timberwolves dan Al Horford dari Boston Celtics. Towns terakhir kali bermain untuk Republik Dominika di FIBA AmeriCup 2013. Sementara Horford belum pernah bermain untuk Republik Dominika sejak Kualifikasi Olimpiade 2012.

Republik Dominika akan berjuang di Grup A bersama dengan Angola, Filipina, dan Italia yang pertandingannya akan digelar di Manila Filipina.

Indonesia bersama dengan Filipina dan Jepang akan menyelenggarakan Piala Dunia FIBA 2023 pada 25 Agustus hingga 10 September 2023. Indonesia akan menyelenggarakan pertandingan babak penyisihan grup, yakni Grup G dan Grup H yang berisi Iran, Brasil, Pantai Gading, Spanyol, Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon.


Baca juga: Trofi Piala Dunia FIBA singgahi Bali sebelum ke Surabaya
Baca juga: Masyarakat Solo sambut antusias event FIBA Basketball World Cup 2023
Baca juga: Komunitas basket tuna rungu meriahkan kampanye FIBA World Cup 2023

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023