Jakarta (ANTARA) - Mantan pemain IBL dari tim Satria Muda Ronaldo Sitepu menyambangi SDN Cempaka Putih Barat 17 dalam program Youth Leader untuk menyosialisasikan Piala Dunia FIBA 2023 dan kampanye "Basketball for Good".

Pemain yang akrab di sapa Dodo ini hadir untuk mendukung program Youth Leader dan memberikan inspirasi para peserta yang jumlahnya hampir 70 siswa tersebut.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima du Jakarta, Rabu, kegiatan ini merupakan kunjungan ketiga dari program Youth Leader ke sekolah-sekolah di Jakarta.

Gim yang dimainkan hampir sama, yakni Recyle Race. Bola yang ditempatkan di tengah lapangan, diperebutkan empat kelompok berbeda. Mereka harus mengumpulkan bola sebanyaknya sambil melakukan skill dasar bola basket, seperti dribbling dan passing.

Setelah melakukan gim, para siswa bermain kuis dengan topik Piala Dunia Basket 2023, untuk menebak negara mana saja yang bermain di Indonesia. Dodo yang memandu kuis tersebut dan para siswa berebut untuk menjawab pertanyaannya.

Setelah kuis, siswa juga diberikan edukasi mengenai daur ulang, bagaimana cara mengurangi sampah plastik. Saat disebutkan salah satunya adalah membawa botol minum sendiri dan ditanya siapakah yang melakukannya, para siswa pun antusias menunjukkan jika mereka membawa botol minum sendiri.

Baca juga: Komunitas basket tuna rungu meriahkan kampanye FIBA World Cup 2023

Setelah sempat istirahat sebentar untuk kuis, gim pun berlanjut. Mereka pun saling berebutan unjuk gigi di depan Dodo untuk mempraktekkan jenis-jenis skill basket yang mereka tahu yaitu passing, dribbling, shooting, lay up, defense, dan lain-lain.

Para pemenang gim diberikan hadiah berupa cenderamata resmi FIBA World Cup 2023.

Kepala sekolah SDN Cempaka Putih 17, Indah Ratna Dewi mengatakan jika pihaknya sangat senang kedatangan tim "Basketball for Good". Para siswanya antusias karena di edukasi langsung dari tim ahli basket.

"Senang, antusias siswa tinggi karena ada pemain basket. Siswa juga dapat belajar langsung bagaimana mengenal basket dan belajar mencintai lingkungannya juga sembari bermain," katanya.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadikan siswa tambah semangat belajar terutama di bidang olahraga basket, sekaligus mampu mengenal serta mencintai lingkungan dengan program mendaur ulang sampai di lingkungan.

Baca juga: Youth Leader Program, memperkenalkan Piala Dunia FIBA di SD
Baca juga: Tur trofi Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia akan dimulai dari Solo

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023