Makassar (ANTARA) - Tim Bina Penyelenggara Haji Khusus dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan menjemput langsung jamaah haji asal provinsi itu yang dipulangkan melalui Debarkasi BPN Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua Tim Bina Penyelenggara Haji Khusus dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Amrullah melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan sebanyak 23 haji asal Sulsel yang dipulangkan melalui Debarkasi BPN Balikpapan.

Baca juga: Kemenag serahkan kloter terakhir Debarkasi UPG

"Sebanyak 23 haji asal Sulsel ini tergabung dalam Kloter Nusantara. Jadi, dalam kloter itu ada banyak haji dari berbagai provinsi dan embarkasi/debarkasi, sehingga disebut Kloter Nusantara," ujarnya.

Kloter Nusantara ini tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada Kamis (3/8) pukul 17.30 WITA dan sehari kemudian baru dijemput setelah diinapkan di asrama haji.

Kloter ini disambut dan dilepas oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag RI Saiful Mujab dalam suatu prosesi penerimaan di aula Asrama Haji Balikpapan.

Baca juga: Jumlah haji asal Embarkasi Makassar yang wafat bertambah jadi 44

Setelah diinapkan satu malam di Asrama Haji Balikpapan, 23 haji asal Sulsel tersebut kemudian diterbangkan ke Makassar pada Jumat pukul 17.15 WITA.

“Alhamdulillah, seluruh jamaah dalam keadaan sehat walafiat dan Insya Allah tiba di Makassar malam hari," katanya.

Amrullah menyampaikan bahwa sesampainya di Bandara Hasanuddin Makassar, seluruh jamaah akan langsung dipulangkan ke daerah asal masing-masing, yaitu Kota Parepare dan Makassar tanpa harus ke Asrama Haji Sudiang.

Baca juga: Masa tunggu berhaji di Sulsel 34 tahun, capai 240 ribu orang

“Jadi, 19 haji dari Parepare akan langsung kita pulangkan. Kebetulan ada Kasi (Kepala Seksi) Hajinya yang juga ikut bersama kita ke Balikpapan, begitu juga 4 haji dari Kota Makassar akan dijemput langsung keluarganya setibanya di bandara,” katanya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023