Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka lebih rendah pada Selasa, terseret oleh kerugian Glencore setelah pendapatan paruh pertama penambang itu lemah, sementara data perdagangan China yang suram juga memukul sektor pertambangan yang lebih luas.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri merosot 0,2 persen pada pukul 07.09 GMT, dengan Glencore jatuh 3,0 persen karena mengatakan pendapatannya telah berkurang setengahnya di paruh pertama.

Sektor logam industri dan pertambangan merosot 1,9 persen, setelah data menunjukkan pada hari sebelumnya bahwa impor dan ekspor konsumen utama China turun jauh lebih cepat dari yang diperkirakan pada Juli di tengah permintaan yang lebih lemah.

Baca juga: Saham Inggris ditutup di zona merah, indeks FTSE 100 jatuh 0,13 persen

Manajer aset Abrdn tergelincir 4,5 persen ke dasar indeks FTSE 100 setelah melaporkan penurunan aset yang dikelola.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus ke pasar domestik diperdagangkan datar, sementara saham bank tergelincir 0,8 persen.

Sentimen global pada perbankan memburuk setelah Moody's memangkas peringkat kredit beberapa bank kecil hingga menengah AS pada Senin (7/8/2023) dan mengatakan mungkin akan menurunkan peringkat beberapa pemberi pinjaman terbesar di negara itu.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023