kalian yang terpilih harus berbangga diri
Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengukuhkan sebanyak 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan pada 17 Agustus 2023 memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia
 
"Kalian yang terpilih harus berbangga diri, karena mengalahkan ribuan kandidat lain yang ingin menjadi anggota Paskibraka," ucap Bobby saat prosesi pengukuhan di kantor Wali Kota Medan, Senin.
 
Pihaknya meminta para anggota Paskibraka menjadikan momentum ini untuk meningkatkan disiplin, rasa cinta tanah air dan berjiwa nasionalis, sehingga menjadi generasi membanggakan.
 
Wali kota mengakui memang saat ini anggota Paskibraka Kota Medan tidak lagi mengibarkan bendera pusaka Merah Putih dijahit langsung Fatmawati yang merupakan istri proklamator Soekarno.
 
Sejarah mencatat bendera pusaka dijahit oleh Fatmawati pada Oktober 1944 dan dikibarkan dalam proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jalan Proklamasi Nomor 56, Jakarta oleh Latief Hendraningrat dan Suhud.

Baca juga: Pemkab Badung kukuhkan pasukan pengibar bendera tahun 2023
Baca juga: Istana gelar gladi kotor Upacara Detik-Detik Proklamasi
 
Bendera pusaka itu dan pengibaran terakhir pada 1968, sedangkan berikutnya diganti duplikat. Kini Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih di Ruang Bendera Pusaka, Istana Merdeka Jakarta.
 
"Tapi kami yakin semangat kalian tidak kalah dengan tiga orang tokoh pertama kalinya yang mengibarkan bendera pusaka," kata Bobby.
 
Wali kota mengingatkan dalam pengibaran Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023, pihaknya meminta para anggota Paskibraka membawa motivasi bagi semua warga Kota Medan.
 
"Pengibaran bendera Merah Putih ini sebagai tanda negara kita negara berdaulat dan mampu berdiri sendiri, termasuk daerah didalamnya. Kita sepakat menjadikan Medan sebagai kota yang membanggakan," ungkap Bobby.
 
Ernawati, orang tua anggota Paskibraka Kota Medan yakni Adinda Marwa Matondang sangat bersyukur karena anaknya menjalankan tugas mulia di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.
 
Menurutnya Adinda mengikuti seleksi anggota Paskibraka Kota Medan atas keinginan sendiri, sedangkan dirinya memberikan izin dan doa kepada anaknya.
 
"Alhamdulillah, anak saya terpilih anggota Paskibraka dan dipercaya membawa baki bendera tahun ini," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Bogor seleksi 1.296 pendaftar calon Paskibra
Baca juga: Pemprov Papua: Kesiapan tim Paskibraka 90 persen jelang upacara HUT RI
Baca juga: BPIP: Paskibraka kader calon pemimpin berkarakter Pancasila

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023