Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi "instant messenger" (pesan instan) Viber, sekarang hadir dalam banyak platform, mulai dari sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, Nokia, hingga Bada.

"Telefon gratis, teks dan berbagi foto dengan siapa saja, di mana saja!," kata Viber dalam pesan di halaman utama laman resminya yang di bawahnya berderet logo-logo sistem operasi mobile iOS hingga Bada.

Bahkan, hari ini Viber mengumumkan tersedianya aplikasi Viber terbaru untuk BlackBerry, Viber 4.2, meskipun masih dalam versi beta. Itu merupakan pembaruan dari versi sebelumnya, versi 2.3.19.

Namun, perlu diingat bahwa Viber 2.4 hanya mendukung untuk OS BlackBerry 5 dan 7 saja. Kenapa itu tidak mendukung OS BlackBerry 6? Viber mengatakan karena sejumlah keterbatasan teknis pada OS BlackBerry 6.

Lalu, apa yang baru dalam versi teranyar itu?

Viber menyebutkan, antara lain peningkatan performa untuk OS BlackBerry 5, pengiriman stiker lebih cepat dari sebelumnya, dan perbaikan-perbaikan lubang-lubang kelemahan (bug).

Pengguna BlackBerry merupakan pasar penting bagi Viber, dan CEO Viber, Talmon Marco, seperti dikutip TechCrunch mengatakan, "BlackBerry merupakan salah satu pasar terpenting untuk kami dan merepresentasikan basis terbesar ketiga pengguna kami."

Sama seperti aplikasi lainnya, Viber selain dapat  mengirimkan pesan juga dapat mengirimkan foto, bahkan dapat menelepon dengan mereka yang juga sudah mengunduh Viber. Saat ini ada banyak aplikasi instant messenger yang dapat diunduh untuk berbagai sistem operasi seperti whatsapp, line, wechat, kakaotalk.

Penerjemah: Suryanto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013