Banjarbaru (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melakukan penanaman 1.000 bibit pohon guna mendukung program penghijauan sekaligus memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

"Alhamdulillah momen peringatan kemerdekaan tahun ini kita isi dengan kegiatan positif, yaitu penanaman pohon untuk penghijauan," kata Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Anggota Polrestro Jaksel 'wajib' tanam bibit pohon bila naik pangkat

Bertajuk "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini", Arif memimpin penanaman bibit pohon di kawasan lahan kosong di gedung pelayanan Direktorat Lalu Lintas dan Mes Sabhara Polda Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 21, Banjarbaru.

Total ada tiga lokasi penanaman serentak dilakukan Polda Kalsel hari ini, yakni dua di area sekitar Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Banjarbaru dan Kecamatan Aluh-Aluh di Kabupaten Banjar.

Adapun jenis pohon yang ditanam, antara lain trambesi, mahoni, bungur, meranti serta tanaman jenis bakau yaitu mangrove rambai di pesisir sungai Barito.
Anggota Polda Kalsel menanam bibit pohon di kawasan lahan kosong depan gedung pelayanan Direktorat Lalu Lintas di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Arif menyebut kegiatan tersebut diharapkan menjadi trigger atau pemicu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mencintai lingkungan.

Apalagi, di alam tropis seperti Kalimantan dan Indonesia pada umumnya, keberadaan pohon sangat vital mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya sekaligus memberikan suplai oksigen bagi manusia.

Baca juga: Polri Peduli Penghijauan Polrestro Jaksel tanam bibit pohon di Ragunan

Baca juga: Polresta Pulau Ambon laksanakan program Polri Peduli Penghijauan


"Program penghijauan merupakan bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan dan Polri berkomitmen terhadap pelestarian alam demi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup," ucapnya mewakili Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi.

Pada 23 Agustus 2023, direncanakan Polri menggelar penanaman pohon serentak seluruh Indonesia dengan target masing-masing Polres 1.000 bibit pohon.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023