Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic memperpanjang dominasi sepanjang kariernya atas Gael Monfils dengan kemenangan 6-3, 6-2 untuk mencapai perempat final ATP/WTA Cincinnati Open, Kamis (17/8) waktu setempat.

Unggulan kedua asal Serbia dan juara dua kali di Cincinnati itu memenangi pertandingan yang ke-19 atas petenis Prancis tersebut tanpa pernah kalah.

Djokovic memberikan tekanan lebih awal saat melawan Monfils dalam pertempuran para veteran tenis berusia 36 tahun, menjegal petenis nomor 211 itu untuk melangkah ke delapan besar pertamanya di Cincinnati setelah 2011.

Djokovic selanjutnya akan menghadapi petenis Amerika Taylor Fritz yang melaju setelah Dusan Lajovic mundur karena cedera jari kaki saat tertinggal 0-5.

"Gael adalah salah satu petenis paling atletis dalam tur itu dan dia menunjukkannya pada set pertama. Setiap bola bisa ia kembalikan," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Saya melakukan servis dengan baik dan membuatnya bermain. Setelah jeda pertama, saya tidak melihat ke belakang dan meningkatkan level saya."

"Saya menjalani set kedua yang nyaris sempurna. Semoga saya bisa mempertahankannya," ujar Djokovic.

Baca juga: Alcaraz balas dendam kekalahan Toronto dari Paul di Cincinnati

Sementara itu di sektor putri, petenis nomor satu dunia Iga Swiatek mengganti pakaian setelah tertinggal pada set pembuka dan bangkit untuk mengalahkan petenis China Zheng Qinwen 3-6, 6-1, 6-1.

"Pelatih saya mengatakan kepada saya beberapa pekan yang lalu, mungkin ide yang baik untuk mengganti pakaian dan mengatur ulang strategi," kata petenis asal Polandia itu.

"Saya mencobanya dan berhasil, saya mendapat getaran yang berbeda di set kedua -- terima kasih pelatih."

Pada pertandingan lainnya, juara Wimbledon Marketa Vondrousova mengalahkan Sloane Stephens 7-5, 6-3 untuk mencapai perempat final.

"Pekan ini benar-benar istimewa. Saya datang ke sini tidak tahu bagaimana saya akan bermain. Senang bisa kembali tampil setelah menjuarai Wimbledon," ujar Vondrousova.

Unggulan ketiga Jessica Pegula, pemenang Montreal Open pekan lalu, kalah dari Marie Bouzkova 4-6, 0-6.

Baca juga: Monfils dan Zverev melaju, Murray mundur dari Cincinnati Masters
Baca juga: Djokovic kembali ke AS dengan kemenangan di pembuka Cincinnati

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023