Jakarta (ANTARA) - Platform Open Finance API (Application Programming Interface) Ayoconnect menggelar “Open Finance Summit 2023” untuk membahas berbagai peluang transformatif dari konektivitas API serta transaksi pembayaran berbasis ramah lingkungan.

Melalui siaran pers yang diterima, Sabtu, gelaran diskusi dengan tema “What’s Next in Payments? Exploring The New Frontier and The Way Forward” tersebut diikuti oleh para pemimpin industri, pakar, dan inovator industri teknologi di Asia Tenggara, seperti Netflix, DOKU, Alto Network, dan MongoDB. Gelaran tersebut diadakan untuk mendiskusikan perkembangan pembayaran ramah lingkungan melalui Open Banking dan Open Finance.

“Adopsi dari solusi pembayaran ramah lingkungan berbasis open banking tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga berkontribusi pada inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Industri Solusi Finansial dari MongoDB, Wei You PAN selaku peserta dalam panel diskusi “Open Finance Summit 2023”.

Baca juga: Ayoconnect peroleh lisensi PIAS dari BI karena prioritaskan keamanan

“Open Finance Summit 2023” juga membahas topik perubahan penting dalam perilaku pembayaran pelanggan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, gelaran diskusi tersebut juga membicarakan tentang peran besar teknologi, dan sudut pandang ESG (Environmental, Social, Governance) dalam perubahan tersebut.

Adapun permintaan tinggi konsumen akan kemudahan transaksi digital secara langsung mendorong laju adopsi solusi open banking dari sektor berbagai industri dan skala. Menurut data dari Google, Temasek dan Bain&Co, Total Payment Volume (TPV) di Indonesia untuk pembayaran digital diperkirakan mencapai 270 miliar dolar pada tahun 2022.

Melihat potensi pertumbuhan yang signifikan, TPV diproyeksikan melebihi angka 430 miliar dolar dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Melalui API open banking, lembaga keuangan dan perusahaan teknologi finansial dapat mengembangkan platform pembayaran lingkungan yang mengurangi jejak karbon sekaligus mempercepat perkembangan bisnis.

Kolaborasi sinergis dari adopsi API open banking juga secara langsung mendorong pelaku usaha untuk memprioritaskan praktik ramah lingkungan dalam transaksi sehari-hari.

Solusi pembayaran ramah lingkungan bertujuan untuk mengatasi tantangan lingkungan melalui fitur pelacakan penggunaan jejak karbon dan dukungan untuk proyek energi terbarukan.

Sementara itu, Ayoconnect baru-baru ini meluncurkan solusi Instant Transfer yang menawarkan pengalaman pembayaran dengan nonkarbon dalam prosesnya.

Dengan kemampuan API Open Finance, solusi tersebut dapat memenuhi kebutuhan bisnis untuk melakukan transfer pembayaran berulang untuk pencairan gaji dan pembayaran vendor tanpa meninggalkan jejak karbon.

Baca juga: Ayoconnect: "Open finance" berperan strategis dalam digitalisasi RI

Baca juga: Ayoconnect dan Kredivo berkolaborasi hadirkan fitur Auto Debit Kredivo

Baca juga: Bank DKI hadirkan fitur keuangan pada aplikasi JakOne Mobile

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023