S&P menurunkan peringkat Associated Banc-Corp dan Valley National Bancorp karena risiko pendanaan dan ketergantungan yang lebih tinggi pada simpanan...
New York (ANTARA) - S&P Global pada hari Senin (21/8/2023) memangkas peringkat kredit dan merevisi prospeknya untuk beberapa bank AS, mengikuti langkah serupa oleh Moody's, memperingatkan bahwa risiko pendanaan dan profitabilitas yang lebih lemah kemungkinan akan menguji kekuatan kredit sektor tersebut.

S&P menurunkan peringkat Associated Banc-Corp dan Valley National Bancorp karena risiko pendanaan dan ketergantungan yang lebih tinggi pada simpanan para broker atau perantara.

Lembaga pemeringkat tersebut, juga menurunkan peringkat UMB Financial Corp, Comerica Bank dan Keycorp, mengutip arus keluar deposito yang besar dan suku bunga yang lebih tinggi.

Baca juga: Fitch sebut mungkin akan turunkan peringkat puluhan bank AS

Kenaikan tajam dalam suku bunga membebani pendanaan dan likuiditas banyak bank AS, S&P mengatakan dalam catatan ringkasan, menambahkan bahwa simpanan yang dipegang oleh bank yang diasuransikan di Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) akan terus menurun selama Federal Reserve mempertahankan "pengetatan secara kuantitatif."

Lembaga pemeringkat juga menurunkan prospek S&T Bank dan River City Bank menjadi negatif dari stabil karena paparan real estat komersial (CRE) yang tinggi di antara faktor-faktor lainnya.

Moody's awal bulan ini memangkas peringkat 10 bank satu tingkat dan menempatkan enam raksasa perbankan, termasuk Bank of New York Mellon, US Bancorp, State Street dan Truist Financial sedang ditinjau untuk kemungkinan penurunan peringkat.

Baca juga: Wall St ditutup lebih rendah, pemotongan peringkat bank picu aksi jual

Runtuhnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank awal tahun ini memicu krisis kepercayaan di sektor perbankan AS, yang menyebabkan simpanan di sejumlah bank regional tergerus, meskipun pihak berwenang meluncurkan langkah-langkah darurat untuk menopang kepercayaan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023