Menang di laga kandang sudah biasa didapatkan Persipura, tetapi menang di kandang lawan yang menjadi rival adalah sesuatu yang berbeda...."
Jayapura (ANTARA News) - Gol dari kapten tim Persipura Jayapura Boas "Boci" TE Salossa dan Nelson Alom ke gawang Sriwijaya FC dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu, membawa "Mutiara Hitam" semakin kokoh di puncak klasemen.

Tendang melambung di menit ke-86 dari Boas Salossa ke gawang "Laskar Woong Kito" yang dikawal Rifky Mokodompit telah membungkam ribuan penonton di Stadion Gelora Sriwijaya.

Namun sebelum gol itu tercipta, Boas berhasil mengecoh dua pemain bertahan Sriwijaya FC yang mengawalnya secara ketat setelah memanfaatkan umpan lambung dari kiper Yoo Jae Hoon.

Gol ke-13 pemain asal Sorong, Papua barat itu juga berhasil mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sementara di Liga Super Indonesia.

Kemudian gol spektakuler dari pemain pengganti Nelson Alom di menit ke-94 atau di lima menit pertambahan waktu di babak kedua, memperjelas keunggulan tim tamu atas tuan rumah.

Gol mantan pemain PON Papua itu langsung disambut suka cita oleh tim dan pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Thiago dengan melompat-lompat kegirangan.

"Menang di laga kandang sudah biasa didapatkan Persipura, tetapi menang di kandang lawan yang menjadi rival adalah sesuatu yang berbeda apalagi, ada pemain muda seperti Nelson Alom yang masuk untuk meningkatkan permainan tim," kata Daniel Womsiwor mantan pelatih fisik Timnas dan juga pelatihh Uncen FC.

Ia mengatakan, masuknya putra yang berasal dari pegunungan tengah Papua itu telah meningkatkan laju serangan tim sehingga bisa tercipta dua gol diakhir babak kedua. "Ini patut diapresiasi. Alom dinilai masih muda dan miskin pengalaman tapi justru menjadi pembeda dalam tim," katanya.

"Alom yang menciptakan permainan moderen yang dikenal dengan `Invasi Game` atau penyerangan total yang frontal. Sangat rugi kalau sampai timnas U-23 tidak meliriknya," tambah Daniel Womsiwor seraya menambahkan selamat buat Nelson Alom yang telah bisa membuktikan kepercayaan pelatih, tim dan pecinta Persipura.

Pada pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh salah satu Tv swasta nasional dari stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan tim Persipura Jayapura mampu menaklukkan tuan rumah "Laskar Wong Kito" dengan skor 2-0.

Gol-gol tersebut dilesakkan Boas Salosa dimenit ke-86 dan Nelson Alom dimenit ke-94 atau di lima menit pertambahan waktu babak kedua.

Dengan hasil tersebut, Persipura Jayapura tetap memimpin klasemen sementara Liga Super Indonesia dengan 37 poin disusul Arema Indonesia dengan raihan 33, dan Mitra Kukar dengan 32 poin, Persiba Bandung dengan 30 poin.

Sedangkan kekalahan yang dialami "Laskar Wong Kito" pada pertandingan malam ini mengharuskan tim itu bertengger pada urutan ke-5 klasemen sementara dengan 29 poin. (KR-ARG/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013