Pemkab menyambut baik inovasi dan kreativitas yang dilakukan generasi muda dan Duta Wisata Deli Serdang untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif di Deli Serdang
Deliserdang (ANTARA) - Kabupaten Deli Serdang, SUmatera Utara, memancing animo wisatawan untuk datang ke daerah itu melalui berbagai cara, di antaranya dengan menggelar festival seni, budaya dan pariwisata dengan tajuk "Berlabuh di Deli Serdang 2023".

"Pemkab menyambut baik inovasi dan kreativitas yang dilakukan generasi muda dan Duta Wisata Deli Serdang untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif di Deli Serdang," kata Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Sabtu, terkait digelarnya acara "Berlabuh di Deli Serdang 2023" dalam rangka memperkenalkan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif Deli Serdang kepada masyarakat.

Ia mengatakan, Deli Serdang merupakan kabupaten yang kaya akan keberagaman budaya dan tradisi serta memiliki pemandangan alam sangat indah.

Tentunya, potensi besar ini bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata dan mampu menunjang pertumbuhan ekonomi di desa melalui pengembangan produk kebudayaan secara kreatif, seperti seni, pertunjukan kuliner fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

"Tentunya untuk itu dibutuhkan terobosan baru untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi kebudayaan daerah, kerajinan serta pariwisata sebagai upaya untuk menjaga dan mengembangkannya," katanya.

Ia mengatakan, kesadaran untuk melestarikan warisan budaya daerah harus dimulai dari generasi muda bangsa. Sebab, generasi muda sebagai kaum milenial memiliki banyak ide dan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga budaya tidak punah tapi malah semakin terkenal.

"Dengan begitu, wisatawan bisa lebih cepat mengenal Deli Serdang dari sektor kebudayaan, ekonomi kreatif dan pariwisata. Tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional," katanya.

Sebelumnya ketua panitia Nur Hardianto Pakpahan mengatakan, acara tersebut dilaksanakan oleh generasi muda, dan duta wisata Deli Serdang yang inspirasinya adalah visi Indonesia untuk bisa menggapai bonus demografi pada 2030-2045.

"Kita selalu mendengar, bonus demografi akan terjadi pada tahun tersebut dan anak muda lah yang akan mengambil peran itu. Teringat enam tahun lalu, saya dan beberapa teman terpilih menjadi Duta Wisata Deli Serdang. Kami berpikir mau jadi apa? Mau ngapain di Deli Serdang? Apa fungsi kami cuma menyambut tamu? Kami berpikir, kami harus menciptakan ruang bagi sendiri," katanya.

Dengan dukungan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Deli Serdang, sambung Nur Hardianto, acara Berlabuh di Deli Serdang 2023 menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

"Kegiatan ini berlangsung dari 1 sampai 3 September 2023, dan akan diisi berbagai acara. Termasuk pula mengajak para duta wisata kabupaten/kota lain visitasi desa wisata di Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Baca juga: BRI dukung pengembangan Desa Wisata Pematang Johar Sumut

Baca juga: Desa Denai Lama Deli Serdang jadi percontohan di Indonesia


 

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023