Jakarta (ANTARA) - Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) memuji penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 yang diselenggarakan di Indonesia karena berjalan baik walaupun baru pertama kali menjadi tuan rumah ajang kompetisi basket tingkat dunia. 

"Semua dari FIBA dan pemain bilang, kita terbaik sampai hari ini," kata Anggota Dewan FIBA Erick Thohir mengutip keterangan resmi Panitia Pelaksana Lokal (LOC) Piala Dunia FIBA 2023 di Jakarta, Senin.

Indonesia menjadi salah satu penyelenggara Piala Dunia FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina. Jepang pernah menjadi tuan rumah kompetisi tersebut pada 2006, sedangkan tuan rumah utama Filipina sudah menjadi penyelenggara Piala Dunia FIBA sejak 1978.

Walaupun baru pertama menjadi tuan rumah kejuaraan basket dunia, penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Jakarta mendapatkan pujian dari FIBA, pemain, fans, maupun peliput dari luar negeri.

Direktur Jenderal FIBA untuk Media dan Pemasaran Frank Leenders mengakui keberhasilan Indonesia sebagai penyelenggara.

"Saya sangat menikmati keramahan yang luar biasa dan organisasi yang hebat dari Piala Dunia ini di Jakarta. Kalian menetapkan sejumlah standar baru," puji Leenders.

Baca juga: Erick: Penonton di Indonesia paling banyak dibanding Jepang-Filipina

Sebelumnya sejumlah pemain dari beberapa negara juga menyampaikan rasa kagum dan terima kasihnya atas penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Jakarta. LOC, kata mereka, mengakomodasi semua kebutuhan dengan baik.

Ketua FIBA World Cup 2023 Budisatrio Djiwandono berterima kasih kepada seluruh anggota LOC dan semua pihak yang membantu suksesnya penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerja keras LOC selama berbulan-bulan, pemerintah pusat, dan DKI Jakarta, serta semua pihak yang membantu sehingga acara ini bisa berjalan sukses dan mengharumkan nama Indonesia," kata Budi.

Baca juga: Selain tembus perempat final, Kanada juga lolos Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Duta Global FBWC sebut Indonesia masuk jajaran tim besar Asia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023