Ueda sedang meletakkan dasar untuk keluar dari suku bunga negatif, dan dia memberikan banyak pemberitahuan.
Singapura (ANTARA) - Yen menguat pada awal sesi Asia pada Senin, karena komentar dari Gubernur Bank Sentral Jepang (BoJ) Kazuo Ueda memicu harapan bahwa Jepang dapat segera memulai era baru untuk menjauhi suku bunga negatif, sementara dolar melemah menjelang rilis data inflasi AS minggu ini.

Mata uang Jepang naik hampir 0,8 persen dan menyentuh level tertinggi sesi 146,66 per dolar pada awal perdagangan Asia, didorong oleh komentar akhir pekan dari Ueda bahwa bank sentral dapat mengakhiri kebijakan suku bunga negatifnya ketika pencapaian target inflasi 2,0 persen sudah di depan mata.

Ueda mengatakan kepada surat kabar Yomiuri dalam sebuah wawancara bahwa BoJ mungkin memiliki cukup data pada akhir tahun untuk menentukan apakah mereka dapat mengakhiri suku bunga negatif.

Baca juga: Dolar AS menguat di jalur kenaikan mingguan terpanjang sejak 2014

Yen berada di bawah tekanan besar terhadap dolar sebagai akibat dari meningkatnya perbedaan suku bunga dengan Amerika Serikat, sejak Federal Reserve memulai siklus kenaikan suku bunga yang agresif tahun lalu sementara BoJ tetap bersikap dovish.

“Ueda sedang meletakkan dasar untuk keluar dari suku bunga negatif, dan dia memberikan banyak pemberitahuan,” kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index.

Di tempat lain, greenback melemah secara luas, menjauhkan dirinya dari level tertinggi tiga bulan terhadap euro dan pound Inggris pada minggu lalu.

Euro naik 0,13 persen menjadi 1,0714 dolar, setelah mengakhiri Jumat (8/9/2023) dengan penurunan delapan minggu berturut-turut. Sterling naik 0,16 persen menjadi 1,2486 dolar.

Indeks dolar, yang ditutup minggu lalu dengan kenaikan delapan minggu berturut-turut, yang terpanjang sejak 2014, turun sedikit ke 104,84.

Data inflasi AS untuk Agustus akan dirilis pada Rabu (13/9/2023), dengan para pedagang menantikan apakah ekonomi terbesar di dunia ini memang berada di jalur yang tepat untuk melakukan "soft landing", dan apakah The Fed masih perlu melanjutkan kenaikan suku bunganya.

Dolar, bersama dengan imbal hasil obligasi pemerintah AS telah melonjak minggu lalu setelah serangkaian data ekonomi yang kuat menambah spekulasi bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut dari The Fed mungkin akan segera terjadi.

“Perekonomian global secara keseluruhan tidak mengalami booming, namun juga tidak berada di ambang resesi, dan AS tampaknya menjadi yang terbaik di antara negara-negara besar lainnya,” kata Alvin Tan, kepala strategi valas Asia di RBC Capital Markets.

“Lingkungan makro tidak mudah untuk dikarakterisasi karena tidak ada risk-on atau risk-off. Atau mungkin cocok dengan perbedaan lintasan perekonomian AS versus negara-negara lain di dunia, yang disebut dengan mantra 'mantra eksepsionalisme AS'.”

Baca juga: Dolar bersinar di awal Asia, sementara yen jatuh ke terendah 10 bulan

Di Asia, harga konsumen China kembali ke wilayah positif pada Agustus sementara penurunan harga di tingkat pabrik melambat, data pada akhir pekan menunjukkan, mengindikasikan berkurangnya tekanan deflasi di tengah tanda-tanda stabilisasi perekonomian.

Indeks harga konsumen (IHK) naik 0,1 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, lebih lambat dari perkiraan median kenaikan 0,2 persen dalam jajak pendapat Reuters, sedangkan indeks harga produsen (IHP) turun 3,0 persen dari tahun sebelumnya, sejalan dengan perkiraan.

“Secara historis, kita tidak melihat inflasi China mencetak angka negatif dalam waktu lama, meskipun saya pikir kita mungkin setidaknya mendapatkan beberapa angka deflasi lebih banyak daripada angka yang ada,” kata Simpson dari City Index.

Yuan di luar negeri naik sekitar 0,1 persen menjadi 7,3587 per dolar, meskipun masih tidak jauh dari level terendah 10 bulan pada Jumat (8/9/2023) di 7,3678 per dolar karena sentimen terhadap pemulihan ekonomi China yang melemah masih rapuh.

Dolar Australia, yang sering digunakan sebagai proksi likuid untuk yuan, naik 0,29 persen menjadi 0,6397 dolar AS, sedangkan dolar Selandia Baru menguat 0,28 persen menjadi 0,5900 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023