Solok (ANTARA) - Penampilan pawai budaya yang dibawakan oleh seluruh kelurahan se-Kota Solok dan siswa sekolah itu berhasil memeriahkan pembukaan festival Rang Solok Baralek Gadang yang digelar mulai hari ini 16 sampai 18 September tahun 2023.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Sabtu, mengucapkan terima kasih atas kedatangan seluruh tamu undangan di Kota Solok (Kota Beras Serambi Madinah) guna menyaksikan prosesi pembukaan Rang Solok Baralek Gadang.

"Salah satu rahmat Allah SWT yang telah memberikan tanah subur dan diakui menghasilkan beras yang enak dan ternama, yakni beras Solok," ujar dia.

Ia mengatakan Kemenparekraf RI telah memberikan apresiasi dengan menunjuk Kota Solok menjadi salah satu dari Kharisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang tahun 2023.

Baca juga: Festival Rang Solok Baralek Gadang kembali masuk KEN tahun 2023

Baca juga: Pertunjukan pawai budaya di sawah meriahkan Rang Solok Baralek Gadang


"Terima kasih menteri, gubernur, dan semua pihak terkait. Kita harus bersama menyukseskan Rang Solok Baralek Gadang ini," kata Wako Solok.

Zul Elfian berharap kegiatan ini dapat memberikan hiburan bagi seluruh masyarakat dan tamu yang hadir. Semoga kegiatan ini dapat berjalan baik dan sukses sampai akhir.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi melalui Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Pemkot Solok yang telah terpilih dalam Kharisma Event Nusantara 2023.

"Rang Solok Baralek Gadang 2023 dirancang khusus untuk meningkatkan dan mempromosikan pariwisata Kota Solok," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno melalui Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Oni Yulfian juga mengucapkan selamat kepada Kota Solok yang berhasil terpilih kembali dalam Kharisma Event Nusantara 2023 untuk kali kedua.

"Kota Solok memiliki potensi luar biasa mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kondisi geografis alamnya sangat bisa untuk dikembangkan seperti Beras Solok," ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan tari massal serta prosesi makan Baronjin. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan stan  UMKM yang ada di Kota Solok.

Kegiatan pembukaan diawali dengan Pawai Budaya yang dibawakan oleh seluruh Kelurahan se-Kota Solok dan siswa sekolah dimulai dari Simpang Muhammadiyah - Tugu Carano - Simpang Denpal - Simpang Ambacang dan finish di Sawah Solok.*

Baca juga: Rang Solok Baralek Gadang di Solok ditutup, ribuan warga hadir

Baca juga: Hiasan jerami jadi obyek foto favorit di Rang Solok Baralek Gadang

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023