Jakarta (ANTARA) - Peristiwa kriminal terjadi di wilayah DKI Jakarta selama sepekan terakhir, mulai dari akhir kasus pengendara motor lawan arus di Lenteng Agung sehingga mengakibatkan kecelakaan pada Senin (22/8) hingga identifikasi benda sejarah di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terbakar.
 
Selain itu, terdapat berita kriminal lainnya yang menarik untuk disimak pada pagi ini. Berikut rangkumannya:
 
1. Polisi akui sulit identifikasi benda sejarah di Museum Nasional
 
Polisi hingga saat ini mengakui masih mengalami kesulitan untuk melakukan identifikasi benda sejarah di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, usai terbakar pada Sabtu (16/9) malam.
 
"Sangat sulit dibedakan, mana itu puing-puing reruntuhan ataupun benda bersejarah. Tapi, di dalam masih banyak yang utuh secara kasat mata," kata Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin saat ditemui di Jakarta Pusat, Ahad.
Baca berita selengkapnya di sini
 
2. Polisi periksa saksi telusuri unsur pidana kebakaran Museum Nasional
 
Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat memeriksa 14 saksi terkait penelusuran unsur pidana dalam kasus kebakaran Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah.
 
Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin ditemui di Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, mengatakan 14 saksi itu memiliki ragam latar profesi mulai dari satpam yang bertugas pada saat itu, ada juga pekerja bangunan, dan pekerja-pekerja yang sehari-harinya beraktivitas di Museum Nasional RI.
Baca berita selengkapnya di sini
 
3. Polisi ringkus sindikat pemerasan berkedok kencan
 
Kepolisian telah meringkus sindikat pemerasan berkedok kencan yang diawali dengan memesan wanita panggilan lewat sebuah aplikasi.
 
Dalam kasus ini, polisi meringkus empat orang, yakni RO (24), OZ (33), seorang wanita berinisial MV (27) dan penadah berinisial AO (38).
Baca berita selengkapnya di sini
 
Tangkapan layar - Sejumlah pengendara melawan arus di putaran gardu Lenteng Agung Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023). ANTARA/Instagram/@tmcpoldametro/ilham/aa. 
4. Polisi: Kasus pemotor lawan arus berakhir melalui keadilan restoratif
 
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menyebutkan kasus pengendara motor melawan arus di Lenteng Agung sehingga mengakibatkan kecelakaan pada Senin (22/8) berakhir melalui mediasi atau keadilan restoratif.
 
"Jadi pengendara yang melanggar itu kita kasih tilang dan sudah mencabut laporannya," kata Latif saat ditemui di Jakarta, Kamis.
Baca berita selengkapnya di sini
 
5. Polisi tangkap pelajar yang konvoi bawa senjata tajam
 
Polisi menangkap sejumlah pelajar yang sedang konvoi sepeda motor dan membawa senjata tajam di Grogol, Jakarta Barat, Selasa.
 
Selain membawa senjata tajam, sekelompok pelajar yang berkendara menggunakan tiga sepeda motor di Jalan Kyai Tapa menuju Jalan Daan Mogot tersebut juga tidak menggunakan helm.
Baca berita selengkapnya di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023