Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak dan keluarga Lembaga Psikolog Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) Irma Gustiana Andriani S.Psi, M.Psi.,Psi membagikan sederet manfaat dari permainan susun balok atau objek “bricks” pada tumbuh kembang anak.

“Permainan ‘bricks’ sangat dianjurkan karena manfaatnya banyak sekali bagi tumbuh kembang anak, mulai meningkatkan kemampuan motorik hingga pemecahan masalah,” kata Irma pada lokakarya LEGO Play On: Parenting & Playdate Workshop di Tokopedia Tower, Jakarta, Sabtu.

Meski sederhana, permainan yang telah ada sejak puluhan tahun itu, nyatanya masih digemari oleh anak-anak di era saat ini.

Baca juga: Deretan tayangan keluarga yang menghibur sepanjang Februari

Permainan menyusun balok seperti puzzle atau hingga membangun bentuk-bentuk yang diinginkan ternyata memiliki segudang manfaat, seperti pengembangan seni, fantasi, gaming, olahraga, bahkan pengembangan bermusik.

Irma mengatakan, bermain “bricks” dapat membangun koordinasi motorik halus, pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi dan bahasa, berhitung, sosial, juga kemampuan spasial anak.

Selain itu, permainan itu juga dapat melatih anak meningkatkan konsentrasi dan kesabarannya, meningkatkan kepercayaan diri, serta memungkinkan anak untuk belajar dari kesalahannya.

Seorang anak laki-laki bermain LEGO di Tokopedia Tower, Jakarta, Sabtu (22/9/2023) (ANTARA/Pamela Sakina)

“Permainan ini menuntut anak untuk berkonsentrasi ketika menyusun dan membangun sebuah bentuk, namun juga merangsang kreativitasnya dengan memberi mereka kebebasan untuk merancang serta membangun objek dan struktur,” jelas Irma.

Permainan “bricks” saat ini yang sangat bervariasi juga dapat menjadi media bagi anak untuk menciptakan sebuah karya seni abstrak atau figuratif, menggambarkan ide dan perasaannya.

Irma menambahkan, merakit objek dari permainan ini melibatkan penggunaan motorik halus dari anak-anak, kemampuan yang juga diperlukan saat memainkan alat musik seperti piano dan biola. Sehingga, meningkatkan kemampuan anak untuk bermain musik pula.

Tidak hanya itu, permainan “bricks” dengan bentuk-bentuk kendaraan dapat pula membantu pengembangan anak di bidang olahraga, bahkan memberi mereka pemahaman tentang bagaimana sebuah transportasi bekerja.

“Bermain ‘bricks’ dengan set kendaraan dapat membantu anak memahami konsep teknologi, mekanika sederhana, dan bagaimana berbagai komponen bekerja bersama, juga membantu mereka memahami berbagai jenis transportasi dan bagaimana kendaraan digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Baca juga: Naura Ayu terinspirasi bangun kreatifitas dan percaya diri dari LEGO

Baca juga: Tingkatkan semangat bermain kreatif di LEGO Play On Fest

Baca juga: LEGO NINJAGO hadir di AEON Mall Sentul City hingga 9 Juli 2023


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023