Jayapura (ANTARA) - Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS yang berada di bawah naungan Korem 172/PWY, Pos Wembi membantu warga di Kampung Ampas, Distrik Mannem, Kabupaten Kerom, Papua untuk pengolahan sagu.

Danki D Lettu Inf Bagus Wira Darmawan dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Minggu, mengatakan membantu warga dalam berbagai aktifitas bertujuan membantu masyarakat dan menumbuhkan semangat dalam mengolah makanan khas Papua sehingga tetap terjaga.

"Selain itu ini juga untuk mendekatkan diri kepada masyarakat agar terjalin hubungan silaturahmi dengan baik hal antara TNI AD dan warga khususnya di wilayah perbatasan," katanya.

Menurut Wira, pihaknya membantu warga Kampung Ampas untuk mengolah pohon sagu yang telah dipanen kemudian mengolahnya menjadi kuliner khas Papua yakni papeda.

Dia menjelaskan hal tersebut sesuai arahan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG tetapi juga mempunyai tugas tambahan.

"Di mana seluruh prajurit dal melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing," ujarnya.

Salah satu warga Kampung Ampas Macik Yohana mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI Pos Wembi yang telah membantu masyarakat di daerah itu termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kalau di antara kami ada yang mengalami kesulitan anggota TNI langsung membantu tanpa pamrih dan tanpa tujuan apapun murni untuk kemanusiaan," katanya.

Baca juga: Gubernur Kaltara apresiasi dedikasi Satgas Pamtas RI-Malaysia

Baca juga: TNI ajari cara berkebun kepada pelajar di perbatasan RI-Malayasia

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023