Kemungkinan besar, otoritas moneter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencegah jatuhnya rubel,
Moskow (ANTARA) - Nilai tukar rubel mendekati 96 terhadap dolar AS pada awal perdagangan Senin, berada dalam kisaran yang relatif sempit dan didukung oleh harga minyak yang tinggi setelah pemerintah Rusia mengumumkan bea ekspor baru dan melarang sementara beberapa ekspor bahan bakar pada minggu lalu.

Pada pukul 07.21 GMT, rubel diperdagangkan stabil terhadap dolar pada 96,24 dan menguat 0,1 persen menjadi diperdagangkan pada 102,52 versus euro. Mata uang Rusia diperdagangkan tidak berubah terhadap yuan pada 13,15.

Pada Kamis (21/9/2023), pemerintah Rusia mengatakan serangkaian bea ekspor baru yang terkait dengan nilai tukar dolar akan diberlakukan pada 1 Oktober dan berlaku hingga akhir tahun depan.

Baca juga: Rubel dekati 96 terhadap dolar setelah Rusia umumkan bea ekspor baru

Langkah ini akan menghasilkan pendapatan tambahan bagi pemerintah – sebanyak 600 miliar rubel (6,23 miliar dolar AS) per tahun, menurut sumber Reuters. Hal ini juga dapat menopang rubel.

Pemerintah mengatakan bea masuk tersebut tidak akan berlaku jika rubel menguat melebihi 80 terhadap dolar. Jika tidak, maka nilai rubel akan berkisar antara 4,0 persen hingga 7,0 persen, dan mencapai nilai maksimumnya jika rubel lebih lemah dari 95 per dolar.

Juga pada Kamis (21/9/2023), Rusia untuk sementara waktu melarang ekspor bensin dan solar ke semua negara di luar empat negara bekas Soviet yang berlaku segera untuk menstabilkan pasar domestik.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,5 persen menjadi diperdagangkan di 93,75 dolar AS per barel.

Rubel seharusnya didukung oleh pembayaran pajak akhir bulan pada minggu ini, namun sekarang dengan tidak adanya penjualan mata uang asing yang besar dan kuat oleh bank sentral, mata uang tersebut kemungkinan akan mulai melemah, kata Alexei Antonov dari Alor Broker.

“Kemungkinan besar, otoritas moneter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencegah jatuhnya rubel,” kata Antonov.

Baca juga: Yuan kembali menguat, naik 2 basis poin jadi 7,1727 terhadap dolar

Indeks saham Rusia melemah. Indeks RTS dalam denominasi dolar turun 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 993,3 poin. Indeks MOEX Rusia yang berbasis rubel turun 0,4 persen menjadi diperdagangkan pada 3.036,4 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023