Guangzhou, China, (ANTARA/PRNewswire)- Terlepas dari gejolak pasar di Tiongkok, arus investasi pada ETF tetap bertahan dengan baik pada 2023, terutama dua bulan terakhir. Menurut China Galaxy Research Institute, dana kelolaan (AuM) ETF saham di Tiongkok mencapai rekor tertinggi baru senilai US$ 238 miliar pada 4 September lalu. Jumlah ETF yang baru diluncurkan juga meningkat untuk pertama kalinya pada tahun ini, dan E Fund Management ("E Fund"), pengelola dana investasi terbesar di Tiongkok, menjadi penerbit ETF terbanyak setelah melansir 13 ETF baru, termasuk ETF yang melacak indeks CSI 2000 dan STAR Growth.


Nilai aset ETF saham di Tiongkok terus mengalami kenaikan sejak 2019, mencatat arus bersih rata-rata tahunan di atas US$ 28 miliar. Pada 11 September lalu, nilai AuM juga meningkat US$ 56 miliar, mencerminkan perkembangan pesat ETF di Tiongkok. Sementara, volume perdagangan ETF saham pun tumbuh sebesar 34% secara tahunan.

ETF yang mengusung strategi investasi dengan cakupan luas (broad-based strategy) menarik arus investasi terbesar. Indeks CSI 300, STAR 50, dan ChiNext memuncaki daftar teratas dengan pertumbuhan aset masing-masing mencapai US$ 9,8 miliar, 8,2 miliar, dan 3,5 miliar pada 18 September lalu, menurut Wind. Dengan stimulus kebijakan yang lebih menarik, investor memiliki profil risiko yang lebih tinggi dan lebih berminat membeli ETF. Di sisi lain, ETF hadir sebagai instrumen investasi yang hemat biaya dan efisien.

Sejak awal tahun ini, 108 ETF baru telah diluncurkan hingga 18 September lalu, angka ini naik sebesar 30% secara tahunan. Indeks CSI 2000, melacak kinerja perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar kecil dan menengah, menarik perhatian investor sejak dilansir pada 11 Agustus lalu, bahkan imbal hasilnya yang disetahunkan mencapai 9,34% sejak 2014. "Kami menilai, indeks CSI 2000 siap memenuhi kebutuhan investor yang ingin melakukan diversifikasi pada kategori perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang bernilai kecil," jelas Lin Weibin, Head, Index Investment, E Fund.

Tentang E Fund Management

Berdiri pada 2001, E Fund Management Co., Ltd. ("E Fund") adalah pengelola investasi terkemuka dan terlengkap di Tiongkok dengan dana kelolaan yang bernilai hampir RMB 3 triliun (US$ 420 miliar). E Fund menawarkan solusi investasi bagi klien dalam dan luar negeri, serta membantu klien mencapai kinerja investasi jangka panjang secara berkelanjutan. Klien E Fund mencakup investor individu dan institusi, mulai dari bank sentral, pengelola dana investasi nasional (sovereign wealth fund), pengelola dana jaring pengaman sosial (social security), pengelola dana pensiun, perusahaan asuransi dan reasuransi, hingga korporasi dan bank. Berorientasi jangka panjang, E Fund bergerak dalam bisnis pengelolaan dana investasi sejak terbentuk pertama kalinya. E Fund juga berpegang pada keunggulan riset mendalam dan periode investasi. Lebih lagi, E Fund menjadi pionir dan praktisi terkemuka dalam bidang investasi bertanggung jawab di Tiongkok, bahkan dikenal luas sebagai salah satu pengelola dana investasi asal Tiongkok yang paling tepercaya dan terbaik.

Nilai kurs pada 20 September lalu

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023