Hong Kong, (ANTARA/PRNewswire) - Pada 13 Desember lalu, "E Fund CSI Artificial Intelligence Thematic ETF", produk ETF terbesar pada kategorinya, membuat pencapaian setelah nilai AUM tercatat hampir US$ 617 juta. Dikelola oleh E Fund Management ("E Fund" atau "Perusahaan"), pengelola dana investasi terbesar yang memiliki sejumlah kantor di Tiongkok Daratan dan Hong Kong, ETF ini mengacu pada "CSI Artificial Intelligence Index" yang terdiri atas 50 perusahaan unggulan yang bergerak dalam rantai nilai industri kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di China.

Perkembangan pesat AI akhir-akhir ini telah menarik minat investor. Bahkan, arus dana masuk mingguan pada produk E Fund CSI Artificial Intelligence Thematic ETF mencapai angka luar biasa, yakni US$ 14 juta pada Desember ini.

Secara global, momentum AI yang kian marak ini didorong oleh kemajuan pesat large language model dan peluang perangkat keras yang bertambah luas. Pada 6 November lalu, OpenAI merilis model GPT-4 Turbo terbaru yang lebih kapabel, mendukung 128.000 contect window, serta memahami peristiwa dunia yang terjadi hingga April 2023. Agar pihak pengembang aplikasi dapat memperluas skala aplikasinya, GPT-4 Turbo mengalami peningkatan dari sisi biaya yang lebih terjangkau dan rate limit yang lebih tinggi.

Di sisi lain, terobosan penting pada perangkat keras ditandai dengan peluncuran "AI pin", digital personal assistant berbentuk perangkat keras berukuran mungil sehingga dapat disematkan pada pakaian pengguna. Didukung model large language AI dari OpenAI dan prosesor Qualcomm Snapdragon, sebuah gawai dapat berfungsi sebagai alternatif ponsel pintar, mampu mengirim pesan teks, mengambil foto, dan berinteraksi dengan asisten virtual seperti ChatGPT.

Di Tiongkok, tren perkembangan AI, khususnya large language model dan daya komputasi yang dikembangkan secara independen, berjalan semakin pesat. Namun, potensi industri domestik masih belum tergarap dengan baik. Setelah insentif kebijakan yang mendukung tren ini hadir dan mendorong lingkungan kondusif bagi inovasi yang berorientasi pada AI, investor dapat menangkap berbagai peluang dari ETF bertema AI untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang memimpin revolusi kecerdasan buatan.

Tentang E Fund

Berdiri pada 2001, E Fund Management Co., Ltd. ("E Fund") adalah pengelola investasi terkemuka dan terlengkap di Tiongkok dengan dana kelolaan yang bernilai hampir RMB 3 triliun (US$ 420 miliar)*. E Fund menawarkan solusi investasi bagi klien dalam dan luar negeri, serta membantu klien mencapai kinerja investasi jangka panjang secara berkelanjutan. Klien E Fund mencakup investor individu dan institusi, mulai dari bank sentral, pengelola dana investasi nasional (sovereign wealth fund), pengelola dana jaring pengaman sosial (social security), pengelola dana pensiun, perusahaan asuransi dan reasuransi, hingga korporasi dan bank. Berorientasi jangka panjang, E Fund bergerak dalam bisnis pengelolaan dana investasi sejak terbentuk pertama kalinya. E Fund juga berpegang pada keunggulan riset mendalam dan periode investasi. Lebih lagi, E Fund menjadi pionir dan praktisi terkemuka dalam bidang investasi bertanggung jawab di Tiongkok, bahkan dikenal luas sebagai salah satu pengelola dana investasi asal Tiongkok yang paling tepercaya dan terbaik.

Data per 30 September 2023. Tingkat kurs valas diambil dari PBoC pada akhir September 2023.

Pewarta: Irvan Ariyana
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023