Kendari (ANTARA) - Personel Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan ribuan liter air bersih menggunakan mobil water canon kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra.

Pasi Ops Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sultra Ipda Muh Noor di Konawe Sabtu, mengatakan bahwa penyaluran air bersih itu berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan sulitnya air di daerah tersebut.

"Setelah dilakukan pengecekan lokasi dan hasil dari koordinasi dengan pimpinan, kami sepakat untuk menyalurkan air bersih di tempat itu," kata Noor.

Baca juga: Polda Sultra beri fasilitas air bersih warga Puday Kendari

Dia mengungkapkan bahwa hal tersebut juga merupakan instruksi dari pimpinan Sat Brimob Polda Sultra untuk menyuplai air bersih secara besar-besaran guna membantu masyarakat terdampak kekeringan untuk mendapatkan air bersih.

“Ini semua adalah perintah langsung dari atasan kami, sehingga kami bersama personel mendatangi lokasi ini dan menyalurkan sekitar 5.000 liter air bersih kepada masyarakat terdampak,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa penyaluran air bersih di daerah tersebut sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat. Mereka menyediakan berbagai wadah, seperti jeriken, ember, baskom, galon, dan tempat-tempat lainnya untuk menampung air bersih yang disalurkan oleh Sat Brimob Polda Sultra.

“Kita prihatin dengan kondisi ini, apalagi melihat puluhan warga yang menantikan air bersih ini,” katanya.

Baca juga: Polres Kuningan salurkan 10 ribu liter air bantu warga kekeringan

Ia menambahkan bahwa sesuai dengan instruksi Komandan Sat Brimob Polda Sultra, pihaknya akan terus menjadwalkan penyaluran air bersih di berbagai lokasi di wilayah Provinsi Sultra yang terdampak kekeringan.

Sementara itu, salah seorang warga Usriati (45) menyebutkan bahwa di daerah tersebut terdapat empat desa yang terdampak kekeringan dan betul-betul kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Empat desa tersebut, yakni Desa Bajo Indah, Desa Leppe, Desa Mekar, dan Desa Bajoe.

"Kondisi kekeringan itu sudah terjadi sejak sekitar dua bulan lalu, pada saat musim kemarau datang," ujar Usriati.

Baca juga: Polda Aceh bantu sumur bor untuk kebutuhan air masyarakat Aceh Besar

Ia menambahkan bahwa dengan hadirnya Sat Brimob Polda Sultra yang menyalurkan air bersih itu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang terdampak kekeringan.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023