Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemain top NBA seperti Kevin Durant, LeBron James, dan Stephen Curry menyuarakan keinginan mereka untuk mewakili Amerika Serikat (AS) di cabang olahraga bola basket di Olimpiade 2024 Paris.

"Saya akan bermain di Olimpiade tahun depan," ungkap Durant, dikutip dari AFP, Selasa.

Keinginan Durant itu pun bukan tanpa alasan. Jika tim AS bisa memenangkan medali emas di Olimpiade tahun depan, maka akan menandai medali kelima AS berturut-turut, serta medali emas keempat untuk Durant sepanjang kariernya.

Ia sebelumnya terlibat di timnas AS dan meraih emas di Olimpiade 2012 London, Olimpiade 2016 Rio, dan Olimpiade 2020 Tokyo.

Di sisi lain, pencetak skor NBA terbanyak sepanjang masa LeBron James juga mengatakan ketertarikannya untuk masuk ke dalam tim nasional. Sejauh ini, dia sudah membantu timnas AS memenangkan emas di Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 London.

"Ya, saya tertarik. Saya memang tertarik, tapi, kita lihat saja apa yang terjadi," kata LeBron.

Meski demikian, terdapat beberapa rumor yang mengatakan keterlibatan LeBron di Olimpiade mendatang lebih banyak di balik layar. Ia yang akan berusia 39 tahun itu, disebut telah mengumpulkan pemain-pemain top untuk skuad AS di Olimpiade Paris.

Ketika ditanya oleh media apakah dia telah merekrut pemain untuk Olimpiade, James menjawab, "Kami sudah berkomunikasi."

Baca juga: LeBron dan Curry disebut ingin wakili AS di Olimpiade Paris

Guard Golden State Warriors Stephen Curry menginginkan kesempatan untuk meraih emas pertamanya di Olimpiade, mengingat ia belum pernah mendapatkan satu medali pun dari pesta olahraga terbesar se-dunia itu.

"Saya berbicara dengan beberapa orang tentang peluang ini dan tentu saja jika semuanya tetap sama, maka saya ingin bermain (di Olimpiade)," kata Curry.

"Itu adalah satu hal yang belum saya lakukan. Saya juga memahami peluang tim AS untuk menegaskan kembali diri mereka sebagai yang dominan di dunia dan hal-hal semacam itu. Jadi pastinya ingin berada di sana dan pastinya ingin berada di tim dan mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai keinginan kita semua dalam keadaan baik," imbuhnya.

Selain Durant, LeBron, dan Curry, terdapat sejumlah pemain basket populer lainnya yang menunjukkan minatnya untuk masuk ke dalam skuad AS. Beberapa di antaranya adalah Draymond Green, Kyrie Irving, Bam Adebayo, DeMar DeRozan, Bradley Beal, Devin Booker, Jaylen Brown, Donovan Mitchell, Brook Lopez, Khris Middleton, Julius Randle, dan Kawhi Leonard.

Baca juga: Selain tembus perempat final, Kanada juga lolos Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Bach puji Olimpiade Paris 2024 sebagai "Olimpiade era baru"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023