Kalau para investor sudah ke sana, melihat potensi yang ada di Papua, mereka akan tertarik untuk berinvestasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi menargetkan agar Indonesia dapat menarik investor melalui Papua melalui Sail Teluk Cenderawasih 2023.

“Kalau para investor sudah ke sana, melihat potensi yang ada di Papua, mereka akan tertarik untuk berinvestasi,” ujar Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi Hermin Esti Setyowati kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai memberi sambutan dalam acara Pesona Seni Budaya Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 dan Peluncuran Promosi Papan STC di Bundaran HI, Jakarta.

Esti mengatakan forum untuk para investor dalam gelaran Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Biak Numfor, Papua, akan digelar. Dalam forum tersebut, ia berharap agar para investor dapat membidik potensi-potensi yang terdapat di Papua dan ditindaklanjuti dengan penanaman investasi.

“Tentunya kita harus bisa ada penambahan akses, untuk aksesibilitas ke Biak,” kata Esti.

Esti menyebut, Kemenkomarves mengirim undangan kepada para investor untuk datang ke Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Diketahui, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan berlangsung pada 1-7 November 2023.

Terdapat empat kabupaten di Papua yang turut berkontribusi dalam Sail Teluk Cenderawasih, yakni Biak Numfor, Yapen Kepulauan, Waropen, dan Kabupaten Sarmi.

Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Biak Numfor ini merupakan program strategis nasional bidang kepariwisataan serta menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia di kawasan Pasifik. Dalam acara ini akan digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner, serta acara hiburan.

“Pihak swasta, dalam hal ini investor, itu diundang untuk datang. Jadi, mereka bisa berwisata, bisa berinvestasi,” ujar Esti.

Selain mengundang para investor, Kemenkomarves juga mengundang jajaran kementerian dan lembaga untuk turut hadir dalam Sail Teluk Cenderawasih.

Esti berharap agar acara-acara seperti Sail Teluk Cenderawasih yang bertujuan untuk mempromosikan Papua dapat berlanjut menjadi acara tahunan, sehingga publik akan lebih mengenal potensi-potensi yang terdapat di wilayah Indonesia Timur.

“Diharapkan untuk selanjutnya tidak hanya berhenti di Sail Teluk Cenderawasih,” kata Esti.

Baca juga: 100 ton ikan tuna Teluk Cenderawasih siap di ekspor langsung ke Jepang
Baca juga: Kemenkomarves: Sail Teluk Cenderawasih jadi pemantik pembangunan Papua

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023