terdapat 9.400 balita yang sudah tertangani
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyambangi Puskesmas Kelurahan Pekojan I di Jalan Bandengan Utara I, Tambora, Jakarta Barat untuk meninjau perkembangan kasus tengkes (stunting) pada balita di daerah itu.

"Hari ini tadi kita ke Puskesmas (Kelurahan Pekojan) untuk mengecek 'stunting'," ungkap Heru dalam jumpa pers di Kantor Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Rabu.

Di puskesmas tersebut, ucap Heru, terdapat sembilan balita yang teridentifikasi tengkes dan dari sembilan balita tersebut ada lima yang sudah ditangani gizinya.

"Puskesmas Pekojan, laporan Kepala Dinas Kesehatan DKI, ada sembilan balita (yang teridentifikasi tengkes). Yang 'stunting' ada sembilan, dari sembilan yang selesai gizinya lima," ucap Heru.

Baca juga: Cara Jakarta Barat meretas tengkes dengan tangki septik

Heru menyebut penanganan masalah tengkes tersebut dilakukan dengan pemberian asupan nutrisi sebanyak dua kali dalam seminggu.

"Ya intervensinya seminggu dua kali. Intervensi (berupa) makanan, macam-macam, seperti pemberian susu," kata Heru.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati menyebut hingga 30 Agustus 2023, terdapat 22.000 balita yang teridentifikasi tengkes di Jakarta.

"Jadi, sampai dengan 30 Agustus (2023) itu ada sekitar 22.000, atau kalau persentase sekitar 5,41 persen dari jumlah balita yang terdaftar di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu)," ungkap Ani.

Baca juga: Tangani tengkes, Pemkot Jaktim gandeng tokoh agama

Lebih lanjut, Ani menyebut dari 22.000 balita teridentifikasi tengkes tersebut, terdapat 9.400 balita yang sudah tertangani gizinya.

"Jadi, dari 22.000 balita itu ada 9.400 balita yang sudah selesai, tertangani masalahnya. Berarti sekitar 48,9 persen," ucap Ani.

Selain mengunjungi Puskesmas Kelurahan Pekojan, Heru juga meninjau kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kelurahan Pekojan.

Heru tiba di Kantor Kelurahan Pekojan sekitar pukul 09.51 WIB setelah rampung meninjau perkembangan kasus tengkes balita di Puskesmas Pekojan 1 dan langsung disambut oleh anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan nyanyian selama datang.

Baca juga: Kemenlu bantu makanan tambahan 103 anak tengkes di Jakarta Timur

Heru kemudian membagikan puluhan tempat pensil kepada anak-anak yang menyambutnya dan kepada beberapa orang tua yang ada di lokasi.

Ia kemudian masuk ke lobi Kantor Kelurahan Pekojan untuk memantau kinerja petugas PTSP.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023