Depok (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Jawa Barat mengembangkan layanan PUPR Spatial Data yang merupakan sistem informasi spasial berbasis web (WebGis).

"WebGis PUPR Spatial Data dibangun sebagai salah satu media komunikasi interaktif DPUPR Kota Depok untuk masyarakat, yang meliputi penyelenggaraan infrastruktur dan penyelenggaraan penataan ruang di Kota Depok," kata Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty di Depok, Kamis.

Ia menjelaskan saat ini, tengah dilakukan pengembangan fitur untuk pelayanan pemanfaatan ruang, seperti pengajuan Keterangan Rencana Kota (KRK) secara online dan Rekomendasi Teknis Pemanfaatan Ruang secara online.

Selain itu, lanjut Citra, dalam pengembangan ini, masyarakat atau pelaku usaha maupun investor juga dapat mengakses peta rencana pemanfaatan ruang di Kota Depok. Dengan tujuan untuk mengetahui lahan yang dimiliki masuk ke dalam kawasan apa dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan apa saja.

Dikatakannya pengguna lahan bisa mengetahui lahan yang dimiliki masuk ke dalam kawasan apa di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan apa saja. Semua bisa dilihat melalui WebGis PUPR Spatial Data.

Citra juga mengatakan masyarakat atau investor maupun pelaku usaha tidak perlu datang langsung untuk diskusi secara tatap muka. Cukup dengan mengakses WebGis ini dalam satu genggaman.

"Bisa di smartphone atau laptop. Di mana saja, kapan saja dan tanpa biaya. Pengembangan layanan ini tentunya memudahkan. Targetnya Oktober ini efektif dapat digunakan," ujarnya.

Baca juga: Dinas PUPR Depok tata kabel udara yang semrawut
Baca juga: Pemkot Depok siapkan rancangan pembangunan 20 tahun
Baca juga: Wali Kota Depok keluarkan instruksi pengendalian polusi udara

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023