Seiring dengan kemajuan teknologi, kehadiran IKD akan meningkatkan pelayanan lebih cepat, akurat dan aman
Samarinda (ANTARA) - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi mengajak mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur untuk aktivasi identitas kependudukan digital (IKD).

"Mahasiswa merupakan pilar penting dalam pembangunan bangsa dan memiliki potensi besar sebagai agen perubahan. Saya minta mahasiswa mengajak kawan-kawan yang lainnya untuk melakukan aktivasi dan menyampaikan betapa pentingnya IKD," ungkap Teguh dalam keterangan di Samarinda, Kamis.

Baca juga: 11 desa di Temanggung selesaikan target IKD

Dia berharap, semua mahasiswa dan civitas akademika dapat memanfaatkan waktu untuk aktivasi IKD.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kehadiran IKD akan meningkatkan pelayanan lebih cepat, akurat dan aman.

Dengan penerapan IKD, pemerintah dapat menghemat anggaran untuk pengadaan blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang setiap tahunnya membutuhkan anggaran puluhan miliar.

Baca juga: Sudin Dukcapil Jaksel lakukan layanan jemput bola aktivasi IKD

Saat ini, sudah ada 5 juta orang yang telah melakukan aktivasi IKD dan pemerintah terus melakukan penguatan infrastruktur, jaringan dan keamanannya.

Selain itu, pemerintah juga akan bekerjasama dengan berbagai lembaga untuk memastikan penggunaan IKD dalam pelayanan publik, dengan harapan masyarakat akan segera melakukan aktivasi IKD.

Baca juga: Ribuan warga Kota Kendari aktivasi IKD di RTP kali Kadia

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023