Jakarta (ANTARA) - Universitas Tarumanagara (Untar) menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa khususnya yang mengalami permasalahan dengan kesehatan mental.

"Kami menyediakan layanan konseling, kami sudah fasilitasi melalui kerja sama fakultas kedokteran, fakultas psikologi. Kita punya yang namanya Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar, " ujar Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan, usai jalan sehat di Jakarta, Sabtu.

Dia menambahkan pusat layanan konseling tersebut memberikan layanan pada mahasiswa, dosen dan juga fakultas akademika terkait kesehatan mental. Kesehatan mental suatu hal yang patut diperhatikan oleh masyarakat.

Selain itu, juga ada mata kuliah humaniora yang mendorong penguatan sikap dan mental. Dalam pembelajaran di perkuliahan, juga dimasukkan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.

"Nah afektif ini kan masalah mental. Ini selalu dimasukkan ke dalam pembelajaran. Termasuk acara hari ini juga bagian dalam upaya meningkatkan kesehatan mental, " terang dia.

Pihaknya berupaya untuk memberikan layanan kesehatan mental yang terbaik pada mahasiswa maupun insan pendidikan di kampus tersebut.

Sejumlah kasus kesehatan mental yang dialami mahasiswa terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meninggal akibat bunuh diri. Belum lama berselang, mahasiswa Universitas Negeri Semarang juga melakukan bunuh diri diduga mengalami depresi. ***





Baca juga: Perilaku bersih masa kecil bisa pengaruhi mental saat dewasa
Baca juga: FSGI dorong satuan pendidikan punya sistem kesehatan mental

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023