telah terdistribusi sebanyak 75 mobil tangki air
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat di sejumlah kelurahan Ibu Kota karena kekurangan komoditas strategis itu akibat fenomena El Nino di musim kemarau.

“Sejak 16-25 September telah terdistribusi sebanyak 75 mobil tangki air dengan kapasitas bervariasi dengan total air sebanyak 353.800 liter,” kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan BPBD DKI tersebut dilakukan melalui kolaborasi bersama BUMD PAM Jaya dan Baznas DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, selain faktor alam, permasalahan kualitas air baku di instalasi pengolahan air Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara, serta kebocoran pipa PAM Jaya di Petamburan, Jakarta Pusat, adalah beberapa faktor lain yang sempat mengganggu pasokan air bersih masyarakat di sejumlah kawasan Jakarta.

Baca juga: SDA DKI minta PAM Jaya rawat SWRO untuk ketersediaan air bersih

Isnawa mengatakan, BPBD telah mengantisipasi potensi terjadinya krisis air bersih akibat dampak kekeringan karena fenomena El Nino di Ibu Kota dengan menggelar rapat koordinasi pada April 2023.

BPBD DKI juga menyiagakan fasilitas operasional yang dapat diterjunkan segera untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang terdiri dari 67 unit mobil tangki air, 46 unit tandon air, dan belasan unit instalasi pengolahan air stasioner di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Selain itu, Isnawa mendorong masyarakat, khususnya yang masih menggunakan air tanah untuk kebutuhan air sehari-hari, untuk menghemat air dan menetapkan skala prioritas saat menggunakannya.

Ia juga mengharapkan masyarakat bisa menampung air bersih pada tandon-tandon air apabila tersedia di daerah mereka masing-masing.

Baca juga: Legislator harap reservoir komunal mampu penuhi air bersih di Jakut

“Masyarakat dapat melaporkan masalah krisis air bersih melalui aparat kelurahan setempat atau melalui nomor layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112,” kata dia.

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023