Meulaboh (ANTARA) - Kepolisian Resor Aceh Barat menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata 2023-2024, dipusatkan di halaman Terminal tipe A Meulaboh.

“Tujuan utama simulasi ini untuk mengasah kewaspadaan dan respon personel, apabila di tempat pemungutan suara terjadi protes atas hasil perhitungan suara, dan sejumlah massa mendatangi kantor penyelenggara Pemilu di kabupaten,” kata Kepala Polres Aceh Barat, AKBP Andi Kirana, di Meulaboh, Aceh, Selasa.

Menurut dia, simulasi ini meliputi berbagai tahapan, dimulai dari kondisi tenang hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis dan penjarahan.

Baca juga: Polres SBT simulasi Sispamkota antisipasi kericuhan saat Pemilu 2024

Ia menyebutkan, Kabupaten Aceh Barat tidak memiliki potensi kerawanan dalam pelaksanaan pemilu.

Meskipun demikian, TNI, Polri, KPU, Panwaslih, dan pemerintah daerah berkomitmen untuk memastikan terselenggara nya Pemilu Damai Tahun 2024 di Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Polres Penajam kerahkan 398 personel amankan pemilu selama 222 hari

Ia juga menekankan pentingnya mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam langkah-langkah yang akan diambil personel, termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan hukum dan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

"Jangan sampai negara juga khususnya aparat melakukan pelanggaran HAM. Makanya kita sesuaikan dan kita juga bekali anggota kita terkait dengan pemahaman aturan aturan tersebut," tuturnya.

Baca juga: Polda Sulut gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam pengamanan Pemilu

Ia berharap dengan simulasi sispam kota itu diharapkan polisi di Aceh Barat dapat menanggapi situasi yang mungkin akan terjadi, sehingga setiap personel punya peran masing-masing dalam melaksanakan tugas nantinya.

"Setelah simulasi sispam kota ini, kita evaluasi hasil untuk melihat apa yang masih kurang karena salah dalam bertindak dapat berakibat fatal untuk banyak pihak," kata dia.

Baca juga: Kapolresta Bandung pastikan personelnya netral dalam Pemilu 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023