Jakarta (ANTARA) - Pusat hiburan imersif yang inovatif, Imagispace mengundang pengunjung dalam perjalanan visual mengagumkan melalui berbagai instalasi seni terbaru yang berpadu dengan teknologi dalam sebuah pameran seni karya anak bangsa bertema “Long way, together”.

Mengusung komitmen mengubah batasan hiburan konvensional, Imagispace yang berlokasi di Indonesia Design District (IDD) Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara merupakan pameran seni inovatif terpusat yang menawarkan pengunjung untuk merasakan pengalaman seni hasil karya anak bangsa lewat kolaborasi kreativitas dan teknologi.

"Kami membawa tema 'Long way, together' yang memiliki makna bagi setiap orang untuk melihat bahwa tidak peduli seberapa gelap dan berat kehidupan yang kita jalani, itu hanyalah sebuah fase. Kita dapat memilih untuk hidup dengan penuh harapan dan bersyukur atas teman maupun sosok yang selalu ada bersama kita," ujar Cofounder & Creative Director Imagispace Mervi Sumali saat sesi jumpa media di Jakarta, Jumat petang.

Mervi menambahkan bahwa tema "Long way, together" memberikan gagasan tentang kebersamaan bagi pengunjung untuk dapat keluar dari terowongan gelap satu langkah demi satu langkah untuk menuju masa depan yang lebih indah.

Imagispace IDD secara utuh menghadirkan inovasi teknologi terkini seperti seni visual dan realitas visual dalam instalasi yang terdapat di tiga area dengan konsep yang berbeda yaitu "Eternal Tides: A Journey Through the Wave, the Ocean, and the Sky", “Long way, together”, dan “Bloom at the Chaos".

Baca juga: Pameran kaligrafi perkenalkan kesenian China kepada masyarakat
 
Pusat hiburan imersif Imagispace menghadirkan instalasi seni terbaru yang berpadu dengan teknologi dalam sebuah pameran seni karya anak bangsa bertema “Long way, together” di Indonesia Design District Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Area "Eternal Tides" adalah instalasi seni yang mengundang pengunjung dalam perjalanan bahwa batas antara air, udara, dan ruang tidak dapat dirasakan. "Eternal Tides" menggambarkan perayaan dari siklus abadi alam, mendorong pengunjung untuk menghargai keajaiban yang ditawarkan di sekeliling.

Sedangkan area "Long way, together" adalah pengalaman seni digital interaktif mendalam yang merekam perjalanan kehidupan manusia. Instalasi ini akan mengajak pengunjung memasuki dunia sekaligus menjadi bagian visual yang melambangkan pasang surut kehidupan. Area ini memiliki makna bagi setiap orang untuk dapat melewati segala sisi gelap maupun badai dalam kehidupan, menuju masa depan yang lebih indah.

Di area tersebut, selain bisa menikmati limpahan seni visual yang memanjakan mata, pengunjung dewasa juga bisa melepaskan jiwa kekanak-kanakan mereka dengan melompat sesuka hati di atas trampolin.

"Sesungguhnya semua area sangat menantang saat proses produksi, namun area ini yang terbilang paling sulit dikerjakan karena ada elevasi antara trampolin dengan jalan pengunjung. Kami harus menemukan titik sensor yang tepat agar AI bisa membaca dengan benar. Apalagi ruangan itu besar sekali. Ada sekitar 15 proyektor di ruangan itu yang dimasukkan ke satu sistem komputer yang membaca sensor-sensor satu sama lain," terang Mervi.

Sementara area ketiga yaitu "Bloom at the Chaos" adalah instalasi seni digital yang menggabungkan keindahan musim dingin nan tenang dengan konsep transformasi yang kacau. Instalasi ini mendorong pengunjung untuk merenungkan antara kekacauan dan ketenangan, menyoroti ketangguhan dari semangat manusia yang digambarkan dalam ketenangan musim dingin.

Baca juga: 12 Kartunis hadirkan hiburan-edukasi lewat pameran "I Love U Gudbai"
 
Pusat hiburan imersif Imagispace menghadirkan instalasi seni terbaru yang berpadu dengan teknologi dalam sebuah pameran seni karya anak bangsa bertema “Long way, together” di Indonesia Design District Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara. (ANTARA/Ahmad Faishal)


"Kami berharap pengunjung dapat terinspirasi dan mendapatkan edukasi ketika masuk ke seni digital dan pengalaman imersif ini. Imagispace siap memberikan hiburan bagi seluruh kalangan masyarakat dan menjadi destinasi wisata baru di Jakarta," tambah Mervi.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman visual mengagumkan dapat mengunjungi Imagispace IDD setiap Senin-Jumat pukul 15.00 - 21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Harga tiket masuk untuk kunjungan hari Senin-Jumat sebesar Rp128.000 per orang belum termasuk pajak dan biaya admin tiket untuk durasi kunjungan selama 90 menit. Sedangkan biaya tiket masuk untuk kunjungan akhir pekan atau Sabtu-Minggu sebesar Rp150.000 per kepala belum termasuk pajak dan biaya admin tiket untuk durasi kunjungan selama 60 menit.

Imagispace IDD tidak mengenakan bea masuk untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun atau tinggi badan maksimal 80 cm. Pengunjung diimbau untuk menyiapkan kaus kaki karena tidak diperkenankan mengenakan sepatu atau alas kaki lain saat memasuki area instalasi seni pameran demi menjaga kebersihan dan kenyamanan.

Selain itu, terdapat café bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan maupun minuman setelah mengelilingi Imagispace. Khusus untuk merayakan pembukaan Imagispace IDD selama kunjungan hari biasa atau weekdays dari tanggal 20 Oktober hingga 30 November 2023, pengunjung akan mendapatkan 1 minuman dari pembelian tiket.

Baca juga: Jelang peluncuran PS5 "Marvel's Spider-Man 2" Sony gelar pameran mini

Baca juga: Pameran lisensi dorong pertumbuhan ekonomi merata melalui waralaba

Baca juga: Festival mookervart sajikan pameran batik khas cina benteng


 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023