Denpasar (ANTARA News) - Pemerintah Vietnam mempelajari keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana (KB) di Kabupaten Badung, Bali.

Vietnam dengan penduduk 84 juta jiwa tersebut mengirimkan delegasi beranggotakan delapan orang yang dipimpin oleh Direktur Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat pada Departemen Kesehatan Vietnam dr Doo Huu Thuy ke Bali.

Delegasi itu didampingi Kepala Pusat Pelatihan Internasional pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Novrizal.

"Kunjungan mereka bertujuan untuk bertukar pengalaman dalam hal pelaksanaan program advokasi dan komunikasi kependudukan, KB, dan kesehatan reproduksi," kata Novrizal di Denpasar, Kamis.

Selama di Kabupaten Badung, kata Novrizal, delegasi Vietnam itu akan meninjau Bina Keluarga Balita yang terintegrasi dengan posyandu dan tempat praktik Bidan Delima Ni Wayan Suriati di Kecamatan Abiansemal.

Suriati, kata dia, merupakan pemenang lomba Bidan Praktik Mandiri Provinsi Bali pada 2013.

Sementara itu Sekda Kabupaten Badung Kompyang R Swandika menyebutkan bahwa pada 2012 jumlah akseptor KB di daerahnya mencapai 8.372 orang atau melebihi target yang ditetapkan oleh Pemprov Bali yang hanya 7.729 orang.

"Selain itu kami juga memberikan penghargaan kepada peserta vasektomi berupa uang tunai sebesar Rp1 juta. Kami juga memberikan dana penggerakan kepada provider dan pembawa calon akseptor KB," kata Sekda.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013